Acara Prosesi Kirab Budaya Dalam Rangka Sedekah Bumi di Grobogan

Prosesi Kirab Budaya Sedekah Bumi Grobogan
Tirtanews.id - Grobogan 22 Juni 2020, Ditengah tengah masyarakat yang memulai hidup normal (new normal) masyarakat dusun palang desa pojok kecamatan tawangharjo kabupaten Grobogan menggelar kirab budaya dalam rangka sedekah bumi.

Acara ini di lakukan secara rutin setiap bulan di bulan Apit atau satu bulan setelah bulan syawal, Adapun tujuan dari acara sedekah bumi ini adalah wujud kecintaan masyarakat desa wujud syukur kepada Yang Maha Pemberi Kehidupan Alloh SWT.dengan harapan desa Pojok aman dan tentram nir hing sambikala.

Prosesi kirab di mulai dengan berdoa di masjid desa oleh ulama kemudian di lanjutkan dengan membawa gunungan yang berupa hasil bumi keliling desa menuju sendang desa sebagai simbolisasi sumber pangan desa pojok.

Acara berlangsung sangat meriah dan guyub  kebersamaan terlihat baik warga yang tua muda wanita maupun pria.bersatu padu dalam acara tersebut.

Kepada Tim Redaksi TIRTA News Robby selaku tokoh pemuda mengungkapkan acara kirab ini adalah yang pertama kali dilaksanakan biasanya hanya kenduri biasa ,beliau berharap kedepan nanti desa pojok bisa Tata Titi Tentrem Kerto Raharjo. ( HR)

0 Komentar

0 Komentar