Budidaya Lele Milik Mukhlis, Surganya Lele Sangkuriang Ukuran Jumbo

Lele Sangkuriang Ukuran Besar
Tirtanews.id - KUDUS, Tepat di depan pelataran rumah nampak deretan kolam yang berisi lele dengan ukuran yang cukup besar, lele yang siap untuk dijual ini merupakan lele dengan jenis sangkuriang yang memilik ciri khas ukuran yang lebih panjang dan memang banyak diminati pembeli atau yang biasa untuk di konsumsi.

Selain di depan rumah terdapat juga kolam dengan ukuran 4x6 m dibelakang rumah yang berisi lele-lele mulai ukuran kecil sampai ukuran besar dan menurut mas Mukhlis Hermawan yang merupakan pemilik usaha budidaya lele ini terdapat lele dengan total sekitar 3 kwintal, namun untuk total per-ekornya sendiri ia tidak ingat (lupa) kata mas mukhlis sambil kasih makan lele di kolam tersebut.

Walau masih tergolong pemula dan usahanya baru berjalan kurang lebih sekitar 7 bulanan namun untuk pelangganya sendiri sudah lumayan banyak, tidak hanya dijual ditempat rumahnya saja melainkan disetorkan ke beberapa pedagang atau bakul di kudus seperti dipasar, penjual didepan pabrik-pabrik, dan juga beberapa tempat pemancingan ikan.

Tidak hanya itu saja namun lele-lele tersebut juga disetorkan ke beberapa wilayah lain seperti Salatiga, Jepara, Demak dan lainya, selain lele terdapat juga ikan Nila yang baru berumur 2 bulan yang dipelihara sejak masih ukuran jari tangan dan baru akan dipanen ketika sudah berusia 6 bulan.

Kumpulan Ikan Nila Berada di Kolam
Bertempat di Desa Garung Kidul Rt 08 Rw 01 Kecamatan Kaliwungu Kudus mas mukhlis melayani pembelian lele mulai dari ecer maupun dengan sekala besar dan juga dalam bentuk olahan maupun goreng dan serta menerima pesanan melalui via chat wa, telfon dengan sistem antar baru bayar ditempat.

Kepada Redaksi Tirta News mas mukhlis mengatakan untuk harga lele per-kilonya sendiri untuk harga ecer dirumah yaitu sebesar 20rb dan untuk setor kepada pedagang atau bakul seperti di pasar, didepan pabrik-pabrik yaitu 18rb minimal pengambilanya setengah kwintal atau 50 kg.


Di akhir perbincangan singkat mas mukhlis berpesan bahwa harapanya agar para petani mau belajar budidaya lele karena selain bisa untuk dijadikan pekerjaan sampingan namun juga dari segi peluang usaha ini bisa dibilang masih sangat potensial.

0 Komentar

0 Komentar