Insan Budaya Napak Tilas Demi Melestarikan Tradisi Jawa

Foto Bersama
Tirtanews.id - Sebagai insan yang konsen terhadap cagar budaya dan senang berziarah ke makam para Waliyulloh ditanah Jawi sekaligus wisata religi yang bisa menentramkan, menenangkan dan menyenangkan hati.

Raden Edy Kurniawan, Raden Lena Effendi dan Raden Tirta Arum telah melakukan Napak tilas ziarah ke makam wali sebagai bentuk penghormatan dan mendoakan karena para wali menyebarkan Islam di bumi Nusantara ini dengan media seni dan budaya sebagai langkah yang hati-hati agar tidak merusak tradisi setempat, yang penting tradisinya tidak bertentangan dengan Aqidah dan keyakinan kepada Alloh SWT.

Dalam perjalanan napak tilas ke beberapa daerah dan makam para wali tentu banyak hikmah ,barokah dan filosofi yang harus di praktekkan dalam kehidupan sehari hari dimasyarakat antara lain :

1. Para wali selalu mengajarkan ketauhidan, keimanan dan ketaqwaan serta kepasrahan yang tinggi yg berbuah pada keikhlasan.

2. Para wali mengajarkan untuk berkarya dan berusaha namun tidak lupa berdo'a.

3. Para wali mengajarkan rendah hati Tepo seliro dan tetap menghormati tradisi yg sudah di jalankan oleh masyarakat setempat, dan apabila tradisi itu menyimpang dari syari'at agama, para wali merubahnya denga cara yang halus tidak menyinggung perasaan namun substansinya kena.

Jadi intinya para leluhur dan para wali waktu itu lebih bijak dalam melangkah lebih hati-hati dalam berbicara dan selalu menekankan pada kekuasaan Sang Maha Pencipta.

0 Komentar

0 Komentar