Tiwul, Salah Satu Panganan Tradisional Khas Dari Jawa Tengah

Tiwul
Tirtanews.id - Mendengar kata-kata Tiwul tentu kita langsung ingat waktu kita kecil dan terbayang dipikiran kita bahwa itu merupakan makanan kaum kecil yang serba kecingkrangan/ kekurangan atau lebih tepat bisa dibilang makanan ndesit alias ndeso.

Namun seiring berjalannya waktu dan perputaran zaman yg serba modern justru makan Tiwul yang spontan terbayang itu makanan daerah, sekarang malah menjadi makanan khas yang sudah di modernisir dan banyak diburu orang karena kelangkaannya .

Karena orang sekarang cenderung aneh banyak makanan kuno yg berbahan sangat sederhana dan terkesan kampungan malah menjadi Klangenan .

Kembali lagi ke Tiwul, untuk membuat Tiwul tentu sangat gampang dan bahannya mudah ,murah serta ada disekitar kita. yaitu ketela pohong / ketela kayu dikupas lalu dikeringkan melalui sinar matahari (dipepe,) setelah benar-benar kering lalu ditumbuk dihaluskan kemudian dikasih air dikit dikukus (di sang) pake kukusan berbahan bambu dikasih gula merah , kurang setengah jam saja Tiwul sudah matang.

Tiwul akan lebih nikmat bila di kasih parutan kelapa dimakan waktu pagi dan malam dengan minum kopi agak pahit waw nikmat sekali , kemudian sambil menikmati sebatang rokok cerutu wah-wah langsung kelihatan surga dan lupa kesulitan-kesulitan yang menimpa.selamat mencoba.,( TA)

0 Komentar

0 Komentar