10 Manfaat Jogging untuk Kesehatan Tubuh dan Fikiran


Tirtanews.id - Jogging merupakan aktivitas lari santai yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, Jogging di pagi hari adalah olahraga ringan yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan semua manfaat olahraga tanpa harus dengan aktivitas yang berat.

Jogging juga salah satu jenis olahraga lari santai yang bisa di lakukan di pagi hari dan sore hari, jogging termasuk olahraga yang di sukai semua kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa dan wanita maupun laki-laki, selain itu para atlet-atlet olahraga seperti atlet badminton, sepak bola Dll juga jogging karena memang menyehatkan.

Jogging di Pagi hari bermanfaat Memperbaiki suasana hati, meredakan stres, dan mengurangi risiko depresi, Sebuah data mengungkapkan bahwa jogging secara teratur dapat meningkatkan harapan hidup lima hingga enam tahun baik pada pria maupun wanita, Jika Anda ingin tetap sehat secara fisik, menjaga pikiran dan tubuh segar bisa dengan jogging secara teratur setiap pagi.

Berikut Adalah 10 Manfaat Dari Jogging Untuk Kesehatan Tubuh dan Fikiran

1. Manfaat Kesehatan Jantung

Jogging bermanfaat memperkuat otot-otot jantung dan juga dapat membantu memompa darah lebih cepat di jantung dan mencegah risiko penyakit jantung. selain itu jogging juga dapat mengontrol tekanan darah, kadar glukosa darah dan kolesterol, tentunya manfaat jogging akan sangat berpengaruh pada kesehatan jantung kita.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Ketika Anda sedang jogging, tubuh melepaskan endorfin, sekelompok hormon yang bertanggung jawab untuk memutuskan bagaimana perasaan Anda. Hormon rasa-nyaman ini membuat Anda merasa baik secara alami, dan dengan demikian mengurangi stres dan ketegangan Anda. Itulah salah satu alasan tubuh terasa segar setelah jogging.

3. Manfaat Tulang

Jogging dapat memperkuat tulang dan membantu mencegah cedera tulang karena membuat tulang kaki kita menjadi lebih kuat.

4. Membentuk Otot

Jogging adalah aktivitas fisik yang intens yang melibatkan otot-otot besar tubuh diantaranya mulai dari Paha belakang, Otot Gluteal, Otot betis, dll yang berguna untuk tubuh Anda agar bisa terlihat bagus dan otot menjadi lebih kencang.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang Diet, maka diet dengan melakukan jogging adalah cara yang tepat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Ini adalah latihan aerobik yang membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh dengan membuatnya lebih cepat dan lebih mudah untuk membakar lemak.

6. Manfaat Sistem Pernafasan

Jogging dikenal untuk membuat sistem pernapasan bekerja secara efisien. Ini meningkatkan kapasitas paru-paru untuk mengambil lebih banyak oksigen dan dengan demikian membantu dalam meningkatkan kapasitas daya tahan otot-otot pernapasan, nah jika Anda menderita masalah pernapasan, maka dengan jogging adalah pilihan yang baik.

7. Sistem Kekebalan Tubuh

Jika sistem kekebalan anda lemah maka dengan Jogging dapat meningkatkan kekuatan fisik dan meningkatkan produksi sel darah putih serta menurunkan tingkat stres, depresi dan kelelahan.

8. Osteoporosis

Jogging membantu menjaga dan memperbaiki kepadatan tulang Anda. Ini juga dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang di tulang belakang dan pinggul. Orang yang menderita osteoporosis disarankan untuk jogging secara teratur agar dapar membantu memperbaiki kembali kepadatan tulang.

9. Fikiran Menjadi Fresh

Jika Anda berada dalam situasi sedang banyak fikiran maka Anda perlu mulai jogging karena disaat jogging pagi hari kita akan menghirup oksigen segar yang dapat merangsang otak kita dan menjadi fresh kembali.

10. Anti-Aging

Jogging akan membuat Anda berada dalam kondisi yang lebih baik; baik secara mental maupun fisik. Tingkat energi dan kepositifan yang lebih tinggi akan membantu Anda mempertahankan penampilan anda agar tetap terlihat awet muda. Selain itu, jogging akan meningkatkan kadar darah dan oksigen ke pembuluh darah kulit, membuat Anda terlihat segar dan berseri-seri.

0 Komentar

0 Komentar