Arang-Arang Kambang Bubur Kuliner Kuno Kesukaan Mbah Rogomoyo Winong Kaliwungu Kudus


Tirtanews.id - KUDUS, Dalam rangka haul Mbah Rogomoyo Dukuh Proko Winong, Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu yang merupakan Sang Maestro Bangunan Pendopo Kudus beserta umpak rumah joglo Tempoe doeloe dan malam ini senin 31 Agustus telah dilaksanakan prosesi Ganti Luwur.

Salah satu makanan Favorit Mbah Rogomoyo adalah bubur Arang-Arang kambang, sebagai bahannya adalah cengkaruk ketan kemudian digodog dikasih gula merah, santan dan sedikit garam supaya sedep dikasih daun pandan.

Di setiap haul dan setiap malam rebo legi warga setempat tetap tidak lupa membiasakan membuat bubur sebagai pelengkap khasanah kearifan lokal yang dipercayai akan membawa kebaikan tersendiri bagi warga setempat.

Abu Hasan salah satu warga menuturkan bahwa ,bagi masyarakat tetap meyakini ada hal yang mistis dan gaib terkait kesukaan daripada bubur arang- arang kambang.


Intinya sampai saat ini masyarakat Desa Kaliwungu bil khusus Dukuh Proko Winong tidak berani meninggalkan untuk tidak menyertakan bubur tersebut dalam setiap buka luwur dan malam rabo legi begitu tutur Abu.

# Un

0 Komentar

0 Komentar