Combi Lebih Efektif Murah Dan Cepat Dalam Memanen Padi


Tirtanews.id - Di era millenial semua serba robot dan mesin mengambil alih tenaga manusia ,salah satu contoh adalah  "COMBI" mesin pemanen padi, zaman dahulu kala era 1960 an para petani dalam memanen padi pakai Ani - ani ( jawa ) sampai kira2 tahun 1980an , dari tahun 80an sampai kira - kira tahun 2015 meningkat sedikit cara memanen padi dengan cara ngedos, baru tahun 2015 - sampai sekarang teknik memanen padi pakai mesin yang mutakhir dengan nama Combi.

Ada penghematan yang cukup tinggi selisih biayanya dari ani-ani dan ngedos (panen padi) karena sistem dan pola lama itu masih murni memakai tenaga manusia dan durasi waktunya memakan yang cukup lama hampir sehari bahkan dua hari dalam satu hektar ( 1 ha ).

Dengan memakai mesin Combi satu hektar sawah cukup memakan waktu kisaran 4 jam dan biayanya juga lebih ringan sekitar kurang lebih Rp 3000.000,00 (tiga juta rupiah).

Alasan para petani memakai combi dalam memanen padi disamping susah mencari tenaga ngedos, juga lebih cepat murah dan efektif serta padinya bersih dari lamen ( Jawa) itulah penuturan Mbah Rebon yang sangat lugu dari petani wilayah Goleng Suruhan, Jati Kabupaten Kudus ( AF)

0 Komentar

0 Komentar