Jangan Malu, Saatnya Berbusana Adat Kudus


Tirtanews.id - KUDUS, Busana adat Kudus merupakan busana pilahan dan favorit masyarakat Kudus yang paling disukai oleh warga masyarakat tempoe doeloe yang sekarang menjadi Busana adat yang selalu dikenakan oleh para penggede di lingkungan pemerintahan setiap kali ada acara - acara resmi, seperti upacara kenegaraan, peresmian gedung pemerintah,menyambut tamu, upacara hari jadi kota Kudus dll.

Akan nampak lebih semarak lagi apabila busana adat ini dipakai sehari - hari walau tidak harus selengkap dan bahannya semewah itu, namun paling tidak sudah menunjukkan karakter dan kepribadian masyarakat Kudus yang santun, berkepribadian / berakhlaqul karimah dan sangat pluralis.

Gampang sebenarnya untuk membiasakan kepada masyarakat agar mengenakan dan paling tidak mencintai busana adat dengan mengenalkan pada anak sekolah dan ketersediaan pakaian adat ditoko - toko busana.

Dengan demikian masyarakat akan lebih mudah mencari pakaian adat kudus dan dalam hal ini apabila pemerintah turut serta mendorong dan memfasilitasi akan lebih gampang untuk membiasakan mengenakan pakaian adat ,begitu penuturan Raden Ahmad Fathoni pemerhati budaya. ( Un)

0 Komentar

0 Komentar