Napak Tilas Situs Kerajàan Singosari Dan Belik Kendedes


Tirtanews.id - Kendedes adalah istri permaisuri Ken Arok yang direbut dari tangan Tunggul Ametung sebagai raja Singosari, atas prahara cinta dan kekuasaan.

Paguyuban pelestari budaya nusantara telah melakukan napak tilas disitus - situs kerajaan singosari di Malang Jawa Timur, dalam kesempatan ini para pemerhati budaya sempat dan menyempatkan mandi di belik yang konon ceritanya untuk mandi Kendedes waktu itu.

Tussy Nitinagoro salah satu cucu dari Kendedes membenarkan bahkan sebelum para romobongan mandi terlebih dahulu mengunjungi situs yang masih tersisa seperti patung - patung besar yang diyakini itu sebagai sisa peninggalan kerajaan singosari.

Setelah dari belik rombongan paguyuban menuju candi sumber awan yang merupakan peninggalan Singosari, walau sudah agak rusak namun bentuk bangunan candi masih katagori utuh.

Penuturan Tirta Arum salah satu rombongan paguyuban, alasan kuat kawan - kawan pemerhati budaya memilih situs kerajaan hindu - budha kuno adalah dalam rangka mengingat sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia sampai bisa dinyatakan merdeka dalam keberagaman dan kebhinekaan.

0 Komentar

0 Komentar