Ojo Rumongo Biso, Nanging Kudu Biso Rumongso


Tirtanews.id - Semua ada hikmah dibalik peristiwa dan kejadian yang di alami oleh sebagian dari kita yang kebetulan bernasib kurang beruntung, ada kebahagiaan tersendiri ketika kita sedang di uji oleh masalah yang bertubi - tubi, ikhlas, muhasabah dan mawas diri serta mau evaluasi itu kuncinya.

Justeru dalam situasi yang serba kurang apabila kita ikhlas dan sabar menjalaninya serasa lebih nikmat dan hidup menjadi bermakna, sebagai contoh warga desa yang tidak mau menyebutkan namanya dan saudara Knd (nama samaran) , menikmati keheningan malam dengan membakar ketela ramai - ramai , penuturan Knd hikmahnya sangat luar biasa, menjalin keakraban, merasakan sejatining urip lan urip kang sejati, tidak angkuh sombong dll .

Masih kata Knd hidup bagaikan pertunjukan wayang , Ono dalange Ono sing di dalangke Kabeh sesuai pakem, jadi intinya sang dalang sangat mengetahui tentang perjalanan wayang , pun begitu perjalan hidup manusia.

Maka sebagai manusia yang bisa berfikir jernih kanthi weninging pikir tentu akan menemukan falsafah hidup dan kehidupan, apa falsafahnya yaitu wong Urip iku kudu Reti tujuane Urip soale wes kadung urip, begitu pengalaman pribadi yang sedang dijalani oleh Knd. ( HK )

0 Komentar

0 Komentar