Pani, Sosok Tokoh Cagar Budaya Yang Humanis Dan Mistis di Kudus


Tirtanews.id - Tokoh cagar budaya Kabupaten Kudus yang menahkodai sebuah Lembaga penjaga dan penyelamatan karya budaya bangsa ( LPPKBB) yang tidak asing bagi kalangan seniman dan budayawan khususnya di bidang cagar budaya beliau adalah Sancaka Dwi Supani .

Pani panggilan akrab sehari - harinya adalah sosok yang humanis akrab dan murah senyum, disela - sela kesibukannya sebagai ASN beliau menyempatkan waktu luangnya untuk mendata dan menginventarisir cagar budaya tak bergerak seperti bangunan Kolonial maupun benda bergerak seperti lingga Yoni dll, untuk diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Kudus dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata agar didaftarkan sebagai peninggalan bersejarah melalui suaka peninggalan sejarah purbakala (SPSP) Propinsi Jawa Tengah.

Lanjut kesan Supani sebagai sosok yang mistis itu dikarenakan penyatuan jiwa dan raganya terhadap situs - situs bangunan kuno yang konon ceritanya banyak penunggu atau tumbalnya sehingga sedikit banyak akan mempengaruhi sikap dan prilaku seseorang karena seringnya komunikasi dan masuk di dunia lain.

Geram kata Pani akhir - akhir ini disinyalir banyak bangunan kuno yang sudah masuk daftar (BCB) namun masyarakat kurang mengetahui bahkan terkesan tidak mau tau tentang hal ini, sehingga banyak sekali banguna - bangunan kuno yang dirubah dan bahkan dihilangkan sama sekali,ini menjadi sangat ironi sekali begitu kata Pani.

Maka harapannya Dinas terkait dalam hal ini harus secepatnya memberikan sosialisasi kepada masyarakat  UU RI no 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

# TA

0 Komentar

0 Komentar