Suharjono, Penjual ES Tebu Asal Purwodadi Yang Memiliki Banyak Keahlian


Tirtanews.id - Kudus, disela-sela kesibukan sehari-harinya sebagai penjual es tebu dipinggir jalan tepatnya di jalan Banget - blimbing kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus Suharjono juga menerima tamu untuk kebutuhan yang lain seperti konsultasi minta waktu yang tepat sesuai neptu dan pasaran dalam hitungan Jawa untuk sebuah hajat tertentu.

Penuturan salah satu warga masyarakat contohnya Ny Kryt (nama samaran ) yang ngefans berat terhadap kecermatan dan ketelitian dalam menghitung hari, pasaran dan neptu Dino ( Jawa) untuk sebuah hajat tertu beliau Ny Kryt lebih puas dan mantab apabila yang  ngasih waktu Adah Mbah Jono panggilan akrabnya.


Memang bener - bener all round sosok Sujono, gimana tidak karena disamping jual es tebu sambil melayani masyarakat orang Jawa bilang " NYEBEH "  ternyata Jono juga seorang seniman tradisional sebagai dalang wayang kulit dengan sebutan Ki Suharjono Kondobuwono.

Pria kelahiran asli Grobogan Purwodadi ini juga ahli bikin sumur bur dan rata - rata sumur hasil galian Mbah Jono diyakini sumber airnya akan lancar dan jernih walau dimusim kemarau padahal hanya kedalaman 8 sampai 10 meter.

Namun di masa pandemi covid 19 ini karena mayarakat belum di ijinkan oleh pemerintah untuk bikin sebuah acara dan hajatan yang sampai mengumpulkan orang banyak alias tidak boleh ramai - ramai yang secara otomatis ndalangnya juga sepi ,maka Jono lebih memilih jual es tebu untuk menyelamatkan ekonomi keluarga.

Sujono hanya bisa pasrah dan berharap kepada Alloh SWT agar covid 19 segera hilang dari bumi Nusantara dan berharap Pemerintah setempat ada perhatian pada insan budaya dan para seniman begitu kata Jono dengan penuh harap.

# Arwani

0 Komentar

0 Komentar