Tradisi Haul (Buka Luwur) Mbah Rogomoyo Desa Kaliwungu Kudus


Tirtanews.id - KUDUS, Sebentar lagi memasuki bulan Muharram atau Suro orang jawa bilang, dimana biasanya di bulan suro banyak makam wali dan danyang desa diperingati dengan istilah yang biasa kita kenal atau dengar yaitu "buka luwur" .

Banyak ragam cara untuk proses acara haul/ buka luwur bahkan ada yang di awali dengan kirab budaya keliling desa, dan biasanya yang diarak atau dikirabkan mori / kain putih untuk mengganti luwur dan atau pusaka setelah dijamas.

Seperti halnya makam mbah Rogomoyo yang lebih di kenal sebagai sang maestro pembangunan pendopo kabupaten Kudus dan ukir dengan model umpak.


Kirab budaya yang dilakukan oleh warga Desa Kaliwungu dan sekitarnya dalam rangka suronan haul mbah Rogomoyo menghadirkan pemerintah Desa setempat, Pemerintah Kecamatan Kaliwungu dan Pemerintah Kabupaten Kudus serta tamu - tamu dari para pemerhati dan pecinta budaya .

Dengan kirab budaya dalam rangka haul dan buka luwur adalah mengingatkan pada anak cucu dan putro wayah serta seluruh masyarakat setempat akan jasa - jasa perjuangan mbah Rogomoyo untuk menyebarkan Islam dan kelihaian dalam ilmu pertukangan termasuk di dalamnya ilmu ukir. ( HK)

0 Komentar

0 Komentar