5 Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan


Tirtanews.id - Buah mengkudu adalah buah yang sangat mudah untuk kita temukan di sekitar kita, Dengan bau khasnya mengkudu yang sangat menyengat banyak sekali orang yang tidak suka. Namun di balik itu, ada sisi kelebihan dan Manfaat dari buah mengkudu yang mengandung khasiat untuk menghilangkan penyakit.

Mengkudu adalah salah satu jenis buah yang kaya manfaatnya.karna dalam buah mengkudu mengandung beberapa ragam zat dan nutrisi yang mampu membuat kamu kepencut (tertarik). Buah mengkudu ini ternyata mengandung Flavonoid, Fitokimia, Asam Lemak, dan Beta Sitosterol.

Sedangkan bubuk mengkudu sendiri mengandung serat makanan dan karbohidrat dalam jumlah yang sedang. Ternyata bubuk buah mengkudu juga mengandung vitamin C, vitamin A, sodium denga  jumlah yang sedang, vitamin B3,dan kalsium.

Berikut Adalah 5 Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan 

1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Apabila kita memiliki Penyakit tekanan darah tinggi, sebaiknya sebelum kita meminum minuman obat kimia lebih baik kita coba dengan memanfaatkan jus buah mengkudu.

Dalam penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 118 ml jus mengkudu setiap hari selama satu bulan dapat menurunkan penyakit tekanan darah tinggi menjadi Tekanan normal kembali.

2. Mampu Menurunkan kadar kolesterol Yang Jahat.

Yang perlu untuk kita ketahui tentang kolestrol dalam tubuh kita pada dasarnya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu kolestrol jahat {LDL} dan kolestrol baik {HDL. Jika kadar kolesterol jahat lebih tinggi dari kolestrol baik, maka kita akan mudah terserang penyakit berbahaya.

Seperti stroke, darah tinggi sampai dengan serangan jntung, dalam bidang study menyatakan bahwa mengkonsumsi buah jus mengkudu dapat meningkatkan kolesterol menjadi baik dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol yang jahat.

3. Mencegah Penyakit Kanker 

Dalam penelitian menyatakan bahwa senyawa 2-Methoxy-1,3,6-Trihydroxy Antharaquinone dalam buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA sel yang menimbulkan gejala kanker serta baik bagi menjaga sel-sel sehat didalam tubuh.

Mengkudu adalah salah satu buah yang mengandung zat anti oksidan yang sangat tinggi. Dan setiap macam makanan dan obat herbal yang memiliki antioksidan yang tinggi sangat bermanfaat untuk mencegah sel kanker dan juga penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

4. Menurunkan Risiko Asam Urat

Asam urat atau yang sering kita sebut dengan kata encok merupakan salah satu jenis Arthritis yang di sebabkan karna penumpukan kristal asam di sendi. Mengkudu atau pace telah dikenal sejak lama oleh para peniliti, bahwa mengkudu atau pace dapat mengurangi kadar asam urat dalam drah, sehingga mampu menurunkan risiko asam urat.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Mengkudu atau pace ternyata mengandung juga Scopoletin yang mampu untuk melancarkan peredaran darah dan meregangkan pembuluh darah. Zat Scopoletin yang dalam mengkudu juga bisa berfungsi sebagai anti bakteri dan anti alergi.

0 Komentar

0 Komentar