7 Manfaat Tanaman Brotowali Yang Baik Untuk Kesehatan Anda


Tirtanews.id - Brotowali adalah sejenis tanaman obat tradisional yang biasa ditanam di kebun atau di hutan dan di sekeliling rumah.  Tanaman ini di klasifikasikan sebagai spesies tumbuhan liar yang dapat ditemukan di seluruh wilayah di Indonesia.

Tanaman merambat ini biasanya digunakan sebagai pembuatan jamu tradisional, brotowali sendiri mengandung berbagai macam senyawa kimia antara lain alkaloid, damar lunak, pati, glikosida, pikroretosid, harsa, zat pahit pikroretin, tinokrisposid, berberin, palmatin, kolumbin dan kaokulin atau pikrotoksin.

Berikut Adalah 7 Manfaat Brotowali Untuk Kesehan Anda


Memperbaiki Nafsu Makan

Kita sering mengalami gangguan nafsu makan yang menurun. Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti gangguan penyakit, depresi, perubahan suasana hati, dan lain sebagainya.

Membantu Penyembuhan Luka

Brotowali mengandung alkaloid barberindan Columbina berfungsi sebagai pembunuh bakteri di luka. dan untuk Penggunaan brotowali dalam hal penyembuhan luka ini adalah dengan cara menumbuk beberapa daun brotowali kemudian diletakkan di atas luka tersebut.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Penyakit kulit seperti kudis adalah kelainan kulit yang tentu saja sangat mengganggu dalam hal penampilan kita. Selain itu, kudis adalah penyakit menular, baik secara langsung maupun melalui perantara lain.

Mengobati Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang jika tidak ditangani akan berdampak pada kematian. Penyakit yang sering disebut diabetes ini di sebabkan oleh kelainan pada sistem metabolisme tubuh dan Brotowali dipercaya mampu mengobati Diabetes

Menurunkan Demam

Manfaat brotowali untuk kesehatan lainnya adalah dalam menurunkan demam. Brotowali dipercaya bersifat antipiretik dan analgesik atau pereda nyeri yang ampuh untuk meredakan demam tinggi.

Menghilangkan Gatal

Gangguan gatal kulit ini biasanya dapat mengganggu dan mempengaruhi aktivitas kita. Rasa gatal membuat kita ingin selalu menggaruk dan tentunya jika kita melakukan hal-hal ini maka dapat menyebabkan iritasi, luka, atau lecet pada kulit. untuk cara mengatasinya secara tradisional adalah dengan berendam dalam air hangat pada rebusan daun brotowali dicampur dengan belerang.

Menyembuhkan Rematik

Rematik atau dalam bahasa medis yang dikenal sebagai athritis arthritis (RA) adalah radang sendi yang disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan pada saat melawan virus, bakteri, dan jamur dalam tubuh kita. Gangguan ini sering terjadi pada orang yang berusia di atas 50 tahun ke atas. Untuk itu, pada saat Anda mencapaiusia 50 tahun, seharusnya tidak terlalu memberatkan aktivitas tubuh.

Cara alami untuk mengobati gangguan seperti ini antara lain ialah dengan rutin mengonsumsi 1/2 cangkir rebusan brotowali segar 2 kali sehari. Lakukan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

0 Komentar

0 Komentar