Bangunan “Siluman” Rp 193 Juta

Pemasangan paving bloc SD 2 Tanjungrejo Jekulo

Tirtanews.id - Kudus, (Rabu,23/9/2020). Pernah lihat bangunan “siluman” senilai Rp 193 juta ? Mari kita lihat ke Sekolah Dasar (SD) 6 Tanjungrejo Desa Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. SD ini letaknya hanya sekitar satu kilometer dari “mulut” bendung Logung.

Tiga orang yang berada di ruang tata usaha, saat ditanya tirtanews apakah ada bangunan baru- lebih tepatnya pembangunan lapangan upacara di komplek SD ini. Dengan kompak menjawab – tidak ada Pak.

Padahal data yang diperoleh tirtanews, SD 6 Tanjungrejo memperoleh dana alokasi khusus DAK) 2020 untuk pembangunan lapangan upacara sebesar Rp 192 juta. Begitu pula SD 2 Tanjungrejo sebesar Rp 192 juta. Termasuk SD 8 Tanjungrejo Rp 315 juta namun keperuntukannya tidak ada. Oleh karena itu pembangunan lapangan upacara SD 6 Tanjungrejo tergolong bangunan “siluman”.

SD 6 Tanjungrejo Jekulo

Sedang pembangunan lapangan upacara SD 2 Tanjungrejo yang berupa pemasangan paving , nampak masih dalam proses penyelesaian. Berada di tengah bangunan SD. Tinggal menyisakan di bagian depan kantor SD. Masih terlihat tumpukan pasir, paving dan sejumlah pekerja yang tengah istirahat. Kantor SD ini sudah terkunci rapat saat tirtanews melihat dari dekat dan mengambil sejumlah foto.

Sementara SD 8 Tanjungrejo belum ditemukan lokasinya dan waktunya sudah lebih dari jam 13.00. Kemungkinan besar sudah tutup.

Pihak Dinas Pendidikan Kepemudaan Olahraga (Disdikpora) Kudus pernah dikonfirmasi, tapi tidak/belum ditanggapi. Jadwal pertemuan yang sudah disepakati ambyar tanpa ada penjelasan.

Berdasarkan peraturan menteri pendidikan kebudayaan (Permendikbud) I tahun 2019 tentang petunjuk operasional DAK fisik bidang pendidikan, antara lain disebutkan :

I Rehab prasarana belajar : berupa ruang kelas sedang, berat dan perabotannya. Ruang perpustakaan sedang, berat dan perabot. Ruang guru, toilet (jamban) dan sanitasinya.

II Rehab prasarana belajar : pembangunan ruang kelas baru (RKB) dan perabot, pembangunan pusat pendidikan inklusif dan perabot dan pembangunan toilet.

III,Rehab pengadaan sarana belajar: pengadaan buku koleksi perpustakaan ( buku pengayaan), buku referensi dan panduan pendidikan. Pembangunan phisik jasmani olahraga-kesehatan. Peralatan seni budaya dan peralatan kesenian tradisional.(Grace)

0 Komentar

0 Komentar