Budaya Nusantara Sebagai Perisai Indonesia dari Pengaruh Budaya Asing


Tirtanews.id - Nusantara merupakan sebutan lain dari negara kita yang memiliki suku bangsa yang telah eksis dengan kebudayaannya.Keragaman  budaya dan etnik yang beragam menjadikan budaya tanah nusantara ini unik serta menarik untuk dipelajari.

Jika kita tengok kebelakang istilah Nusantara itu sudah ada sejak era Majapahit tepatnya pada masa Mahapatih Gajahmada, dimana wilayah teritorinya hingga ke sebagian malaysia filipina dan brune darusalam, Namun yang kita bahas disini spesifikasinya kita persempit menjadi nusantara yang sekarang yakni Negeri kita tercinta Indonesia.

Sebagai bangsa yang besar, Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang menjadi identitas diri dan jatidiri yang hakiki sehingga diperlukan pemahaman wawasan Nusantara sebagai nilai dasar ketahanan nasional serta sebagai pemersatu keragaman budaya bangsa.

Budaya Indonesia dapat menjadi perisai nusantara apabila kita memiliki rasa bangga terhadap budaya yang kita miliki dalam seni maupun berperilaku sosial kemasyarakatan.

Berbagai polemik yang terjadi pada Nusantara kita saat ini sangatlah kompleks, salah satunya karena lemahnya pemahaman dan kesadaran akan pentingnya makna budaya dan berbudaya.serta mencampur adukkan pemahaman antara berbudaya dengan olah spiritual.

Salah satu contohnya, para pemerhati budaya tidak bisa di pungkiri mendapatkan julukan yang kadang tidak pas, dianggap sosok yang berkompeten dengan supranatural klenik dan sebagainya.

Justru menurut saya berbudaya itu tidak selamanya seperti itu memakai baju adat lengkap keliling kemana mana dengan komunitasnya, itu salah satu saja, tapi ada lagi tanggung jawab yang lain, sebagai insan budaya pelaku budaya sejatinya punya kewajiban menularkan keahlianya membuka wawasan ke benih benih bangsa, masuk ke sekolah sekolah buka wawasan nusantara, ini lebih bermutu dari pada sekedar sharing di media media social dan berujung pertikaian karena pemahaman yang berbeda.

Jika tekad berbudaya sudah benar benar terbentuk dari lahir.rasa saling memiliki tentang budaya dan kebudayaan maka cinta tanah air pun dapat tercipta kembali.

Karena saat ini budaya luar sudah terlanjur masuk ke nusantara.Budaya kita sendiri ada sebagian yang mulai menghilang oleh derasnya laju globalisasi, moral dan etika yang mulai terkikis akhirnya menimbulkan degradasi budaya.

Saya ajak teman teman yang sudah sadar berbudaya mencoba mengenalkan budaya share ke adik adik kita shar ke senior senior kita sisik melik budaya yang bener itu bagaimana.
Kita kembali ke amanat UUD 1945 ayat 32.

Upaya pengembangan dan pelestarian budaya daerah dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan organisasi kemasyarakatan khususnya bidang kebudayaan, keraton dan lembaga adat yang berada di lingkungan kita namun tidak cuma itu saja dari hati kita dari diri kita skala kecil harus benar benar meyakini bahwa budaya itu hal kedua yang harus di cintai di lestarikan.

Mari cintai budaya nusantara rasakan getaran riil budaya kita untuk mepertahankan nusantara yang indah ini sebagai kawasan yang unik dan etnik.

Salam rahayu rahayu rahayu.

(KRT Edy Suryo Pramono ,SPd I)

0 Komentar

0 Komentar