Buku Koleksi Perpustakaan Mulai Dibagikan Tapi Sarana Prasarananya Belum Tersedia

41 dos berisi buku koleksi perpustakaan untuk SD 3 Garung Lor Kecamatan Kaliwungu Kudus

Tirtanews.id - Kudus,(Rabu, 30/9/2020). Buku untuk koleksi perpustakaan di tingkat sekolah dasar (SD) di Kabupaten Kudus mulai dibukukan. Namun pihak penerima (SD) tidak tahu menahu tentang pengadaan buku yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020. Artinya sekedar menerima dari Dinas Pendidikan Kepemudaan Olahraga (Disdikpora). Tidak tahu tentang jenis, macam, judul buku, hingga besaran biaya.

Salah satu SD yang telah menerima “paket buku perpustakaan” tersebut adalah SD 3 Garung Lor Kecamatan Kaliwungu. “ Itu masih dalam dos dalam kondisi masih belum dibuka. Jumlahnya ada 41 dos. Lha yang ini dokumen penyerahan bukunya,” ujar pelaksana tugas (PLT) Kepala Sekolah (Kepsek) SD 3 Garung Lor, Himawanto yang didampingi sejumlah guru sembari memperlihatkan 41 dos dan dokumen penyerahan barang. Ia sehari-harinya bertugas sebagai Kepsek SD4 Prambatan Kidul.

Pelaksana tugas Kepala Sekolah SD 3 Garung Lor Himawanto

Dalam berita acara penyerahan barang ditanda-tangani Wakil Direktur CV Satrio, Subini Beni Warsito, yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung . Sedang buku koleksi perpustakaan sekolah tersebut atas permintaan Disdikpor Kudus nomor 027/22/PPK buku perpustakaan/09.02/20220 tertanggal 15 Juni 2020. “ Rencananya pihak Disdikpora Kudus akan mencek buku-buku tersebut pada Sabtu (3 Oktober 2020),” tambahnya


Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdikpora Kudus, Harjuno Widada pernah menyatakan ke media, awal atau pertengahan September DAK tahap dua sudah cair. Jumlahnya mencapai sekitar Rp 12 miliar dan totalnya Rp 16,6 miliar.

Dana Rp 12 miliar tersebut , Rp 2,6 miliar diantaranya untuk pengadaan buku perpustakaan. Selebihnya (Rp 9,4 miliar) untuk rehab phisik. Berupa ruang kelas, unit kesehatan sekolah (UKS), ruang guru, laboratorium dan ruang perpustakaan. Tercatat 43 SD dan delapan SMP di Kudus yang mendapat alokasi dana tersebut.

Menurut data yang dihimpun Ternyus, Besaran dana untuk pengadaan buku perpustakaan per SD sebesar Rp 50 juta. Sedang SD yang memperoleh dana itu antara lain : SD 3 Menawan, SD 3 Gulang, SD 4 Kajar, SD 3 Wergu Wetan, SD4 Gulang, SD 3 Puyoh, SD 3 Peganjaran, SD 3 Tergo, SD 3 Soco, SD 2 Panjunan, SD2 Margorejo, SD 2 Karangmalang, , SD 2 Kajar, SD 2 Puworejo, SD 3 Blimbing Kidul, SD 3 Glagah, SD 3 Garung Lor, SD 2 Samirejo, SD 2 Puyoh (Grace)

0 Komentar

0 Komentar