Mitos Sendang Petilasan Pemandian Bidadari Raden Ayu Desa Daren Nalumsari Jepara


Tirtanews.id - Jepara, Sabtu 12 September 2020. Sendang petilasan pemandian bidadari Raden Ayu Nawangwulan yang terletak di Dukuh Krajan rt1 rw1, Desa Daren, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara saat ini  terkesan dibiarkan tidak terurus.

Petilasan pemandian /Sendang bidadari ini diyakini oleh masyarakat mempunyai keistimewaan maupun kelebihan di bidang mistis serta mempunyai keramat ( karomah ) antara lain, bagi para remaja puteri yang kebetulan belum berjodoh, Insya Allah dengan mandi atau sekedar cuci muka dengan niat yang tulus lumantar air sendang Allah SWT menyegerakan dan mengabulkan untuk dapat jodoh, serta keinginan atau hajat yang sesuai keinginan para pengunjung .


Ngendikane Romdlon yang setiap harinya membersihkan dan ikut merawat sendang yang tidak mau disebut sebagai juru kunci mengatakan, bahwa hari istimewa di Belik/sendang yang banyak pengunjungnya yakni hari  Jum'at Wage dan setiap hari ora Ketang satu tetep ada pengunjung dari luar kota untuk ber - ritual disendang ini sesuai dengan Agama / keyakinan para pengunjung masing - masing.


Sebagamana lazimnya tempat - tempat yang bersejarah lainnya sendang Bidadari ini di peringati pada setiap malam 1 Muharram atau 1 Syuro setiap tahunnya .

Untuk setiap Peringatan / memuliakan tempat bersejarah ini  Pemerintahan Desa setempat juga ikut nyengkuyung  dan disambut oleh masyarakat serta para santri yang ingin ngalap berkahnya, begitu penuturan Romdlon sebagai orang yang selama ini merawat dan tidak mau disebut sebagai juru kunci.

# Af

0 Komentar

0 Komentar