Sang Maestro Seni Ukir Joglo Tumpang Songo Rogo Moyo Yang Melegenda


Tirtanews.id - Kaliwungu Kudus ditetapkan menjadi salah satu desa wisata oleh Dinas Kebudayaan karena adanya situs makam Rogo Moyo dan kearifan budayanya yang masih terjaga.

Rogo Moyo Moyo sebagai Sang Maestro Joglo tumpang songo (Sembilan), Sejarah tentang Rogo Moyo masih simpang siur dalam mitos. ke mitos. walaupun demikian banyak pihak terutama dalam hasanah dunia seni ukir Joglo tumpang,Rogo Moyo adalah sang Maestro.

Mengenai julukan Sang Maestro Joglo tumpang ini, telah terjadi pembengkokan pemahaman. Joglo Tumpang Songo karya Rogo Moyo dianggap penuh mistis dan keramat.


Pembelokan pemahaman itu terjadi mungkin karena belum diketemukannya bentuk motif ukir Joglo tumpang songo karya Rogo Moyo secara utuh atau mungkin ada hal tertentu.

Bentuk motif ukir Rogo Moyo juga simpang siur seirama dengan sejarahnya. Sebagai pemerhati budaya seni ukir Rogo Moyo, kami melakukan penelusuran dan kajian tentang Motif ukir Rogo Moyo selama hampir 10 tahun untuk dapat mengenalinya.

Kesimpulan yang kami dapatkan adalah,bahwa julukan sang Maestro Joglo Tumpang songo (9) bukan disebabkan karena hal mistis yang penuh keramat, akan tetapi karena keindahan karya motif ukirnya.

Berikut Beberapa Unsur Utama Yang Menonjol Pada Motif Ukir Joglo Tumpang Songo Rogo Moyo :


Unsur Utama :

1. Bunga/Kembang (Kantil,Shoko,Seroja mawar)
2. Buah-buahan (Nanas,Kelapa,Jagung)
3. Hewan (Burung Rajawali,Kupu2,Kelelawar)

Unsur Pendamping :

1. Pewayangan (Krisna,Pandawa,Kumbokarno)
2. Dedaunan
3. Rambatan

Unsur utama dan unsur pendamping pada motif ukir Rogo Moyo tersusun sedemikian rupa yang pembuatannya memerlukan tehnik dan ketelitian tinggi.

Kendala paling utama pada saat ini adalah biaya dan waktu, sehingga bentuk asli motif Ukir Joglo Tumpang Songo karya Rogo Moyo belum dapat terwujud.

0 Komentar

0 Komentar