BBWS Pemali Juwana : Tidak Ada Ganti Rugi BPN Seenaknya Terbitkan Sertifikat

salah satu alur sungai Gelis yang tengah dikeruk

Tirtanews.id - Kudus, (Jumat, 9/10/2020). Dipastikan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali – Juwana tidak ada dana untuk ganti rugi pada proyek normalisasi sungai Gelis di Kabupaten Kudus. Pihak Pemerintah kabupaten (Pemkab) dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) yang lebih bertanggung jawab. “ Seluruh dana yang telah dianggarkan hanya untuk pembangunan phisik. “ tegas Wahyudi, selaku perwakilan BBWS Pemali- Juwana yang ditemui Tirtanews (Tenyus) di kantor darurat di tepi sungai Gelis -jembatan Ploso Tambak Lulang, Jumat (9/10/2020).

Penegasan Wahyudi tersebut sehubungan dengan “kasus papan nama “ Tanah sepanjang jalur ini berstatus HAK Milik. yang terpampang di dekat jembatan (bagian bawah) Kencing Jalan Lingkar Selataan, Tanah di lokasi itu sudah dipatok-patok sebagai tanda lokasi normalisasi sungai Gelis.

Baca JugaTanah Ini Berstatus Hak Milik, Bentuk Protes Warga Atas Normalisasi Sungai Gelis

Kasrom yang mewakili pemilik tanah yang bakal terkena proyek normalisasi sungai Gelis Selasa (6/10/2020) menegaskan, tanah mereka seluas sekitar 40 kotak ( satu kotak seluas sekitar 1.200 meter persegi) berstatus tanah hak milik yang dibuktikan dengan sertifikat tanah yang dikeluarkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kudus.

Wahyudi membenarkan di sejumlah titik yang terkena proyek normalisasi sungai Gelis, sekitar 80 persen diantaranya sudah bersertifikat. Hal ini menjadi tanya besar bagi pihaknya, kenapa Badan Pertanahan Nasional (BPN) “berani” menerbitkan seritifkat tanah. “Padahal tanah yang disertifikatkan tersebut berada di dalam tanggul sungai. Artinya tanah itu bukan tanah hak milik/ perorangan, tetapi tanah negara- yang kini kewenangannya di tangan BBWS Pemali Juwana,” tambahnya.

Menurut dia, kasus tersebut masih memungkinkan untuk diselesaikan sebaik mungkin, karena sampai sekarang posisinya masih dalam proses dan jangka waktu proyek normalisasi sungai Gelis ini setahun ( hingga Agustus/ September 2021).(Grace)

0 Komentar

0 Komentar