Mencicipi Air Tiga Rasa di Bunton dan di Rejenu

Lokasi air tiga rasa di  Dukuh Rejenu Desa Japan Kecamatan Dawe Kudus

Tirtanews.id - Kudus, (Minggu, 11/10/2020). Bagi yang senang berpetualang, silahkan berkunjung dan mencicip air tiga rasa. Lokasinya berada di kawasan Gunung Muria, wilayah Kabupaten Kudus, namun di dua lokasi yang berbeda.

Tepatnya di dalam hutan lindung Bunton wilayah Desa Rahtawu Kecamatan Gebog. Hanya sekitar dua kilometer T tersebut, dalam dua – tiga tahun terakhir lebih mudah dan lebih cepat- dibanding dengan akhir tahun 2008. Sebab, pengunjung bisa mengendari motor atau mobil hingga Dukuh Semliro bagian paling atas.

salah satu sudut desa Rahtawu Gebog Kudus April 2019

Kemudian jalan kaki. Bagi yang bernyali bisa naik ojek. Tentu saja dengan kondisi jalan sempit, berkelak kelok dan di kanan kiri terbentang jurang yang curam dan dan dalam.

Saat Tirtanews kali kedua Desember 2008, untuk menuju lokasi ini hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. Dari titik perjalanan di seputar Kantor-Balai Desa Rahtawu – Bunton – Puncak Sanga Likur pulang pergi memakan waktu sekitar 10 jam. Sekarang hanya beberap jam saja.

Baca JugaKebun Raya Mini Di Makam Syekh Sadzeli Rejenu

Sedang air tiga rasa yang satu ini berlokasi di Dukuh Rejenu, Desa Japan Kecamatan Dawe. Bisa dicapai dengan naik motor sendiri, atau naik ojek dari pangkalan ojek wisata Desa Colo. Paling lama setengah jam sudah sampai lokasi. Dengan jalan aspal mulus, naik turun, berkelak-kelok.

Menurut Teguh, pensiunan pegawai Dinas Kebudayaan Parwisata, yang membukukan pengalamannya dalam buku tipis berjudul Budaya dan Panorama di Pegunungan Muria, rasa air tiga rasa memang berbeda.

Baca JugaAnggur Asia Hingga Elang Jawa Berada di Gunung Muria

Di lokasi sebelah kanan rasanya anyep anyep masam.Khasiatnya konon sebagai “obat” berbagai jenis penyakit. Di bagian tengah rasanya bagai minum sprite (merek minuman dalam botol. Berkhasiat percaya diri dalam menghadapi berbagai persoalan. Di bagian kiri rasanya seperti minum tuak.Kasiatnya memperlancar dalam upaya mencari rejeki,”Jika ke-tiganya disatukan- misalnya dalam sebuah botol atau gelas, maka rasanya menjadi air tawar seperti pada umumnya,” ujar Teguh/

Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan air tiga rasa tersebut bisa memperoleh dengan gratis. Dengan tempat datar dan teduh, karena ditumbuhi aneka jenis pohon pohon besar. Disediakan jerigen plastik aneka ukuran yang bisa dibeli dari sejumlah warung yang ada di komplek air tiga rasa.

sejumlah tumbuhan perdu di seputar air tiga rasa Rejenu Japan Kudus

Sedang air tiga rasa di Bunton akhir tahun 2008 ditemukan di sejumlah belik (semacam sumber air alami dengan ukuran kurang dari satu meter persegi). Rasa yang paling menonjol nyaris sama dengan sprite.

Baca JugaNgopi di Moro Miri Sembari Menatap Gunung Muria Tempat Untuk Ngadem, Nyantai dan Mejeng

Menurut pengamatan Tenyus, keberadaan dan rasa air yang berbeda beda pada air tiga rasa tersebut karena faktor masih banyaknya aneka macam pohon-tanaman-tumbuhan berusia puluhan hingga ratusan tahun. Bersamaan dengan adanya sumber sumber air di seputar lokasi. Sampai sekarang belum ada kajian ilmiah tentang air tiga rasa di Bunton dan Rejenu tersebut.(Grace)

0 Komentar

0 Komentar