Replika Rumah Khas Kudus Senilai Rp 2,9 Miliar Pemborosan Dana dan Tidak Tepat

Replika masjid wali yang tidak mirip aslinya

Tirtanews.id - Kudus, (Senin, 12/10/2020). Lima bangunan cagar budaya di Kabupaten Kudus dibuatkan replika/duplikat/tiruan dan dibangun di komplek Museum Kretek Kudus (MKK) dengan biaya Rp 2,9 miliar.

Satu diantaranya atapnya rusak berat dan sebagian jebol, yaitu berada di replika masjid wali Jami At Taqwa. Replika ini juga tidak mirip dcngan aslinya

Atap replika masjid jebol

Selain itu tulisan besar yang berbunyi Replika Rumah Khas Kabupaten Kudus dan terpasang di halaman depan komplek replika tersebut tidak akurat. Sebab rumah khas Kudus yang telah teruji lewat kajian adalah rumah adat ( rumah bangsawan) dan rumah payon.

Sedang kondisi peralatan bioskup mini yang juga berada di komplek Museum Kretek juga rusak berat, sehingga tidak bisa difungsikan. “ Kami tidak memiliki biaya untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Juga tidak memiliki biaya cadangan. Harus membayar sewa kepada Desa Getaspejaten, karena status tanah MKK milik desa. Sementara sumber penghasilan tidak memadai “ ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis ( UPT) Museum Kretek, Yusron, di sela sela melihat kondisi lima replika dan MKK, Senin (12/10/2020).

Yusron Kepala UPT Museum Kretek Kudus

Ia menambahkan, sebagian para pengunjung komplek MKK tidak tertarik untuk masuk ke dalam museum, nonton film, melihat replika bangunan, melainkan “bermain” di water boom, yang berada di belakang sebelah kanan gedung museum. Serta berfoto ria di rumah adat Kudus, yang lokasinya diundurkan beberapa meter dari lokasi awal.

Sedang tempat lomba burung berkicau di bagian depan sebelah kanan, untuk sementara tidak dioperasikan gegara covid-19. Meski lokasi ini merupakan salah satu sumber penghasilan bagi MKK.

Baca Juga“Hilang” Surat Serah-terima, PPRK - Museum Kretek Kudus

Lima replika bangunan berstatus cagar budaya tersebut meliputi rumah kembar Nitisemito, omah (rumah) kapal, masjid wali Jami At Taqwa dan rumah bekas kawedanan.

Sedang bangunan aslinya rumah kembar Nitisemito berada di samping kanan kiri sungai Gelis di tepi selatan Jalan Sunan Kudus . Omah Kapal di Jalan Asnawi Kelurahan Damaran. Masjid wali jami At Taqwa di Desa Loram Wetan dan rumah bekas kawedanan berada di tepi jalan raya Kudus- Colo, di Jalan Diponegoro dan tepi jalan raya Kudus- Pati wilayah Kecamatan Jekulo.

Bangunan asli bagian depan masjid wali loram wetan

Menurut Wahyu dari Balai Pelestari Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah, replika untuk museum sesuatu yang biasa sebagai koleksi dibuat miniatur. Namun bangunan aslinya jika memang cagar budaya tetap dilestarikan.(Grace)

0 Komentar

0 Komentar