UMKM Kembangkan 405 Pundhen di Kudus

Ilustrasi Gambar - merdeka.com

Tirtanews.id - Kudus, (Minggu, 4/10/2020). Lektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Abdul Jalil berpendapat, jika pundhen atau makam di Kudus bisa mengangkat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) . Contoh konkritnya di Banyuwangi (Jawa Timur), pundhen dapat dijadikan sebagai tempat wisata untuk mengembangkan UMKM. “Di Kudus tercatat ada 504 pundhen” tuturnya pada dialog interaktif yang digelar di salah satu rumah makan di Kudus, Sabtu malam pekan lalu.

Namun ketika Tirtanews(ternyus) menanyakan lebih detilnya lagi melalui telepon yang bersangkutan belum/tidak bersedia menjelaskan. “Sebaiknya ketemu nggih” jawabnya singkat.

Menurut catatan Ternyus, dari 405 makam tersebut, beberapa diantaranya memang telah terbukti secara langsung atau tidak langsung menumbuh-kembangkan pelaku UMKM. Dua besar yang menonjol adalah komplek masjid dan makam Sunan Kudus serta Sunan Muria. Sebab “melibatkan” dua nama diantara sembilan nama Wali Sanga. Sedang sebagian besar pundhen lainnya sampai saat ini belum/tidak dianggap berpotensi kea rah itu.

Namun khusus untuk makam di Gereja Injili di Tanah Jawa (GITJ) Kayuapu Gondangmanis sebenarnya memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai obyek wisata. Atas dasar di makam tersebut dimakamkan Pieter Jansz , misionaris kelahiran 25 September 1820 yang menginjakkan kakinya kali pertama di Jawa pada 1851 .Ia meninggal pada 22 Maret 1904 .

Makam yang terbuat dari bahan baku batu pualam warna putih tersebut “dipayungi” dengan cungkup( bangunan beratap di atas makam berfungsi sebagai pelindung). Di samping kiri terdapat makam sang isteri, Wihelmina Frederika Schmilau.

Sekitar 100 meter utara komplek makam tersebut berdiri sebuah gereja , yaitu Gereja Injili di Tanah Jawa (GITJ).yang dibangun pada 1856

Sedang di komplek makam Lazarus yang juga berada di wilayah Desa Gondangmanis, sebagian besar merupakan makam kuno dan pindahan dari makam kuno dari Desa Rendeng. Lokasi ini sekarang dijadikan Taman Lalulintas dan Kantor DPD Golkar.(Grace)

0 Komentar

0 Komentar