Joe Biden Menangi Pilpres Bakal Jadi Presiden Amerika Serikat ke-46

Joe Biden

Tirtanews.id - Kudus, (Minggu, 8/11/2020). Joe Biden memenangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat mengalahkan petahana Donald Trump, Sabtu (11/7/2020) jelang siang waktu setempat. Dengan demikian, politikus dari Partai Demokrat ini akan menjadi Presiden ke-46 AS.


Dilaporkan CNN, Biden, mantan Wakil Presiden era Barack Obama, menang setelah mendapatkan 20 suara tambahan dari Pennsylvania. Suara elektoralnya terkumpul sebanyak 273, lebih banyak dari yang disyaratkan untuk menang, 270. Saat naskah ini ditulis electoral college votes-nya bahkan sudah tembus 284, sementara Trump 214.


Biden maju bersama Kamala Harris. Dengan kemenangan ini Harris, anggota Senat yang mewakili California sejak 2017, imigran dari orang tua asal Jamaika dan India, akan menjadi perempuan pertama yang menjabat Wakil Presiden AS.

Sementara Trump menambah panjang daftar petahana yang kalah. Sepanjang sejarah telah ada 9 petahana KO. Trump menggenapinya menjadi 10.

Di Twitter, Harris mengatakan bahwa pemilu kali ini "lebih dari sekadar Biden atau saya." "Ini tentang jiwa Amerika dan kesediaan kami untuk memperjuangkannya." Ia mengakhiri pernyataannya dengan mengatakan sudah banyak pekerjaan menanti di depan. "Mari kita mulai." Pernyataan kemenangan Biden serupa. Menurutnya inilah saatnya "Amerika bersatu." "Tak ada yang tidak bisa kita lakukan jika bersatu," katanya.(Grace)

0 Komentar

0 Komentar