Pasar Piji Kecamatan Dawe Bermasalah (4) Diduga Terjadi Pemalsuan Tanda Tangan Akta Pelepasan Hak

Ilustrasi tanda tangan

Tirtanews.id, Kudus (Minggu, 22/11/2020) – Kuswantoro menyatakan tidak pernah menanda-tangani pernyataan pelepasan hak. Oleh karena itu surat pelepasan hak nomor 8 yang dikeluarkan notaris Sulchan Abdul Malik , pada Senin , 18 Juni 2001 di duga palsu.

Akta pelepasan hak TTD semua pihak

Hal itu diungkapkan Kuswantoro melalui salah satu orang kepercayaannya Abu bakar kepada Tirtanews, Minggu malam (22/11/2020) sembari menunjukkan foto copy pelepasan hak. “ Anehnya lagi foto copy pelepasan hak ini ada dua. Keduanya nomor akta, hari, tanggal, bulan dan tahunnya sama.

TTD tangan Kuswantoro dan Sri Wahyuningsih yang diduga dipalsukan

Bedanya yang satu menyebutkan jumlah dan rincian hak milik tanah ada lima buah. Tapi satunya lagi rincian hak milik tanah / sertifikat hak milik (SHM) enam buah. Saya meminta foto copy akta pelepasan hak tersebut pada 21/5/2018 melalui notaris Wiwik Alawiyah SH.” ujarnya.

TTD Wiwik Alawiyah notaris saat diminta foto Copy pelepasan hak

Pada halaman pertama surat pelepasan hak itu, antara lain tertulis Menghadap di hadapan saya, Sulchan Abdul Malik Sarjana Hukum, notaris di Kudus. Dengan dihadiri oleh para saksi yang saya notaris kenal dan yang nama-namanya akan di sebut di bagian akhir akta ini (Supadmi dan Musyarpofah, keduanya karyawan Sulchan Abdul Malik


Tuan Insinyur Kuswantoro. Pegawai, bertempat tinggal di Kudus. Kecamatan Kota Kudus. Desa Rendeng RT 02/RW 01, setempat terkenal jalan Eka Praya IV/40.

Menurut Keterangannya suami dari dan dalam hal ini seberapa perlu telah mendapat persetujuan dari istrinya yaitu Nyonya Sri Wahyuningsih, guru. Bertempat tinggal bersama yang juga ikut menghadap dihadapan saya Notaris. Para penghadap telah saya notaris kenal.

Para penghadap dalam kedudukannya sebagaimana tersebut diatas terlebih dahulu menerangkan bahwa para penghadap memiliki :

(1) Sebidang tanah Hak Milik nomor : 2156, Seluas kurang lebih Sembilan ratus tiga lima meter persegi (± 935 m2). Diuraikan dalam gambar situasi nomor : 11309/1996 tanggal dua puluh enam desember seribu Sembilan ratus Sembilan puluh enam (26-12-1996).

Sertifikat tanggal empat belas juni seribu Sembilan ratus Sembilan puluh tujuh (14-6-1997) yang telah dikeluarkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kudus tanggal empat belas juni seribu Sembilan ratus Sembilan puluh tujuh (14-6-1997) yang telah diperlihatkan kepada saya Notaris. Terdaftar atas nama : KUSWANTORO.


(2) Sebidang tanaha milik nomor : 2153, seluas kurang lebih empat ratus empat puluh enam meter persegi (± 446 m2), diuraikan dalam Gambar situasi nomor : 746/1997 tanggal dua puluh satu pebruari seribu Sembilan ratus Sembilan puluh tujuh (21-2-1997). Sertifikat tanggal empat belas juni seribu Sembilan ratus Sembilan puluh tujuh (14-6-1997) yang telah dikeluarkan oleh kantor pertanahan kabupaten Kudus tanggal empat belas juni seribu Sembilan ratus Sembilan puluh tujuh (14-6-1997) yang telah diperlihatkan kepada saya Notaris, terdaftar atas nama : Insinyur KUSWANTORO

(3) Sebidang tanah Hak Milik nomor : 2236, seluas kurang lebih seratus tujuh belas meter persegi (±117 m2), diuraikan dalam Surat Ukur nomor : 6595/1997 tanggal dua puluh tujuh oktober seribu Sembilan ratus Sembilan puluh tujuh (27-10-1997). Sertifikat tanggal tujuh mei seribu Sembilan ratus Sembilan puluh delapan (7-5-1998) yang telah dikeluarkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kudus tanggal tujuh mei seribu Sembilan ratus Sembilan puluh delapan (7-5-1998), yang telah perlihatkan kepada saya Notaris, terdaftar atas nama : Insinyur Kuswantoro

(4) Sebidang tanah Hak Milik nomor : 2059, seluas kurang lebih seribu enam ratus lima puluh meter persegi (1650 m2), diuraikan dalam Gambar Situasi nomor : 6278/1995 tanggal dua puluh tiga juni seribu Sembilan ratus Sembilan puluh lima (23-8-1995) yang telah dikeluarkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kudus tanggal dua puluh tiga Agustus seribu Sembilan ratus sembilan puluh lima (23-8-1995) yang telah diperlihatkan kepada saya Notaris. Terdaftar atas nama : KUSWANTORO.


(5) Sebidang tanah Hak Milik nomor : 650, seluas kurang lebih seribu empat ratus meter persegi (±1400 m2) diuraikan dalam Gambar Situasi nomor : 1634/1976 tanggal dua puluh juli seribu Sembilan ratus tujuh puluh enam (22-7-1976). Sertifikat tanggal dua puluh lima agustus seribu Sembilan ratus tujuh puluh lima (25-8-1975), yang telah dikeluarkan oleh Kantor Agraria Kabupaten Kudus tanggal dua puluh agustus seribu Sembilan ratus tujuh puluh lima (25-8-1975) yang bermaterai cukup telah diperlihatkan kepada saya Notaris, terdaftar atas nama : Insinyur KUSWANTORO. Kelima bidang tanah tersebut diatas terletak di Desa Cendono, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus Propinsi Jawa Tengah.

Demikan termasuk segala bangunan dan tanaman yang dibangun atas ditanam diatas tanah tersebut baik yang sekarang telah ada maupun yang akan ada dikemudian hari, yang menurut sifat dan penetapan undang undang dianggap sebagai benda tetap.


Bahwa para penghadap bermaksud untuk menjual tanah milik nya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus, akan tetapi prosedur jual beli secara hukum tidak dapat dilaksanakan dikarenakan pihak yang akan menerima hak adalah badan hukum

Bahwa dengan demikian para penghadap bermaksud membuat pelepasan hak yang akan dituangkan dalam akta resmi.


Berdasarkan hal-hal tersebut, para penghadap menyatakan dengan ini melepaskan segala hak dan hak prioritasnya atas : Lima bidang tanah hak milik sebagaimana tersebut diatas, beserta segala bangunan dan tanaman yang dibangun dan ditanam diatas tanah tersebut, baik yang sekarang telah ada, maupun yang baru akan diadakan dikemudian hari, yang menurut sifat dan penetapannya undang–undang dianggap sebagai benda tetap.(Grace)

0 Komentar

0 Komentar