Pemdes Tunahan Adakan Sosialisasi Kepemudaan Karang Taruna

Pemdes Tunahan Adakan Sosialisasi Kepemudaan Karang Taruna

Tirtanews.id, JEPARA - Awal terbentuknya Karang Taruna, pemerintah desa (Pemdes) Tunahan mengadakan sosialisasi kepemudaan karang taruna se-desa Tunahan, sosialisasi diadakan di pendopo balai desa Tunahan Keling Jepara pada Sabtu, 21 November 2020.

Sosialisasi dihadiri kepala desa tunahan, perangkat desa, ketua LKMD desa tunahan, Ketua BPD, Babinsa, Babinkamtibmas, Direktur Bumdes, Tamu undangan, serta panitia pelaksana kegiatan sosialisasi.

Dalam sambutan yang dipaparkan Kaswoto Biantoro selaku kepala desa tunahan menjelaskan fungsi karang taruna dan apa itu karang taruna.

"Organisasi karang taruna adalah organisasi lingkungan sosial kemasyarakatan potensi besar dapat di peroleh ketika para pemuda desa tunahan bersatu dan mampu bersinergi dengan pemerintah desa tunahan keling jepara," jelas Kaswoto.

Tak hanya itu Gunarto selaku sekdes atau masyarakat setempat menyebutnya Carik menambahkan, peran pemuda terhadap desa sangatlah dibutuhkan untuk menambah daya saing dengan daerah lain untuk menciptakan aktualisasi dalam kemasyarakatan.

"Peran pemuda khususnya desa tunahan sangatlah di butuhkan untuk mampu bersaing dengan daerah-daerah yang lain untuk menciptakan ruang gerak dan aktualisasi dalam kemasyarakatan," tambah Carik desa Tunahan Jepara.

Melihat potensi yang dimiliki desa, Gatot Priambodo Agusta selaku penggagas terbentuknya karang taruna menjelaskan dengan adanya SDM dan SDA yang dimiliki sangat kuat dan besar untuk di kembangkan melalui karang taruna.

"Dengan adanya SDM dan SDA yang dimiliki desa ini sangatlah potensi dan sangat kuat serta besar untuk dikembangkan melalui organisasi karang taruna ini," jelas Priambodo.

"Dalam Karang Taruna ini memiliki banyak fungsi antara lain sosial kemasyarakatan yang meliputi kegiatan keorganisasian, ekonomi, olahraga, keterampilan, kesenian dan keagamaan," lanjut Gatot.

Gatot juga menjelaskan bagaimana langkah-langkah yang dapat dilakukan agar karang taruna desa Tunahan bisa bersinergi dengan pihak desa serta bisa mewujudkan hal yang lebih baik terhadap desa yang dicintainya.

"Langkah pertama yang di tempuh oleh pemuda desa Tunahan ini, kami membangun sinergi antara pemuda dengan lembaga pemerintah daerah dalam membantu mewujudkan cita-cita pemerintah desa tunahan untuk lebih maju dan berkembang," ucapnya.

"Langkah yang kedua yang kami tempuh yaitu menjadikan organisasi karang taruna sebagai wadah untuk kalangan pemuda khususnya desa tunahan untuk memiliki ruang dalam mengaktualisasikan potensi yang di miliki oleh para pemuda desa tunahan," pungkasnya. (Teguh)

0 Komentar

0 Komentar