Wakil Walikota Jogjakarta : Heroe Porwadi Ki Dalang Seno , Fenomenal dan Raja Live Streaming

Ki Dalang Seno Nugroho

Tirtanews.id - Kudus, (Rabu, 4/11/2020). Menurut Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi Ki Dalang Seno Nugroho selain fenomenal juga sebagai raja live streaming Indonesia. Hal itu diungkapkan Heroe secara tertulis Rabu (4/11/2020) atas meninggalnya Seno Nugroho.

Ia menambahkan Ki Seno Nugroho memiliki basis penonton virtual yang cukup banyak, bisa mencapai 20 ribu lebih penonton di dua channel You Tube milik Seno. "Wayang kulit masih banyak digemari oleh banyak kalangan. Yang menjadikan wayang kulit bisa eksis dan setiap pertunjukan selalu ramai para penonton langsung maupun penonton live streaming yang dua channelnya bisa sampai 20.000 lebih penonton dunia maya secara live," katanya.

Sedangkan dalam cerita singkat selama dua jam yang disiarkan melalui akun YouTubenya bisa mencapai 8 ribu lebih penonton. Sehingga, Ki Seno menginspirasi orang lain bahwa saat pandemi masih bisa berkesenian. "Seno Nugroho termasuk yang menginspirasi bahwa di masa pandemi, ketika pertunjukan kesenian masih dibatasi pertunjukan untuk tidak menghadirkan penonton, dengan live streaming dan waktu pertunjukan diringkas hanya dua jam, dan itu sukses," katanya.’

Selain itu, Seno sukses melakukan live streaming YouTube ditunjukkan dengan banyaknya penonton. "Ini juga mengukuhkan bahwa dalang Seno Nugroho adalah dalang yang paling banyak penggemarnya, paling terkenal dan berpengaruh sehingga pola pertunjukannya juga diikuti dalang-dalang lainnya,"

Menurut Heroe, Seno meninggal dunia di puncak karier sebagai dalang yang memiliki penggemar di seluruh Indonesia. Selain itu, pertunjukan Seno tidak hanya di Yogyakarta atau Jawa tetapi telah juga telah merambah berbagai pulau di Indonesia. "Dialah seniman yg menguasai pertunjukan dunia maya, rajanya live streaming Channel You Tube “ tegasnya.


Budayawan Sujiwo Tejo lewat akun Twitter @sudjiwotedjo. "Sugeng tindak Ki Seno Nugroho .. sampai jumpa.. #utangRasa Waktu Juli lalu sowan ke rumahmu di Sedayu, Yogya, aku gak bisa tegur sapa krn kau ud start mendalang Wayang Climen, pulang duluan krn ada kerjaan, gak bisa pamit .. aku pikir toh kita masih akan ketemu lagi di dunia..," tulisnya, Rabu (4/11/2020).(Grace/dari berbagai sumber)

0 Komentar

0 Komentar