73 Hektar Lahan Sawah di Gondoharum Tergenang Banjir


Tirtanews.id, KUDUS - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus yang dipimpin Catur Sulistiyanto S.Sos MM terus melakukan pendataan dan survei area persawahan yang terkena banjir dampak hujan dalam seminggu terakhir. Kegiatan dilaksanakan bersama asuransi Jasindo, penyuluh pertanian dan POPT, Rabu (23/12/2020), Ini merupakan bukti pendampingan petani yang sedang terkena musibah banjir. 


Setelah desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu, hari ini tim gabungan tersebut mendatangi desa Gondoharum Kecamatan Jekulo. Kawasan ini merupakan area banjir bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi, karena secara topografi berada di dataran rendah dan cekungan. 


Berdasarkan data dari gapoktan setempat, luas lahan sejumlah 350 hektar dan mayoritas yang rawan bencana sudah mengikuti asuransi usaha tani padi (AUTP). Pada dampak hujan seminggu terakhir, sudah terdata luas lahan 73 hektar terendam dan diusulkan ke asuransi Jasindo. Jumlah ini bisa bertambah, karena masih ada beberapa lokasi yang akses jalan belum bisa dilalui untuk disurvei kondisinya.

“Mudah-mudahan klaim asuransinya bisa cepat clear. Jadi bisa membantu petani yang mengalami puso. Setelah air surut bisa untuk biaya tanam lagi, ”harap Argo Sunanto, Koordinator BPP Kecamatan Jekulo. (Red)

BERITA LAINYA