Citywalk Jalan Sunan Kudus = Rumah Tahanan

Citywalk Jalan Sunan Kudus identik dengan rumah tahanan, karena dominan berlatar belakang tembok luar rumah tahanan (foto Grace)

Tirtanews.id, KUDUS - Sekelompok warga Kudus menyebut Citywalk Jalan Sunan Kudus (CJSK) sama dengan rumah tahanan negara (Rutan) atau Lembaga Pamasyarakatan (LP). Atas dasar dinding luar bagian selatan dijadikan latar belakang pusat CJSK. Dengan tulisan besar Citywalk warna kuning, yang diapit dengan gapura – mirip gapura perempatan jalan menuju komplek Menara Masjid Makam Sunan Kudus,


Di samping kanan kiri ada semacam bangunan dari bahan kayu yang dicat putih. Terlihat pula sejumlah pernak pernik dan nampak pula sebuah bangunan yang seluruhnya ber-cat putih.

Citywalk dominan warna putih tidak nampak ada bangunan khas kudus yang ditonjolkan (foto Grace)

Tembok Rutan/LP sebagian besar juga bercat putih. Terlihat jelas di pojok selatan sebelah barat, “gardu jaga”. Sedang di bagian timur nampak pintu gerbang LP yang dicat dengan warna menyolok.

“Jadi kami melihat CJSK itu sama saja dengan melihat tembok Rutan/LP. Tidak ada bangunan berciri khas Kudus yang bisa dijadikan ancer-ancer/pathokan di mana CJSK itu berada. Akan lebih seru lagi, ketika ada patung patung penghuni Rutan/LP, ”ujar Purnomo Edi salah satu warga Kudus yang merasa jengkel dengan “ulah” Pemkab Kudus membangun CJSK tanpa konsep yang matang.

Salah satu diantara beberapa tiang listrik dan gardunya di Citywalk Jalan Sunan Kudus (foto Grace)

Selain itu menurut Purnomo Edi, tiang tiang lampu penerangan yang konon hanya berbahan plat tipis dan dicat warna tembaga, tidak akan mampu menerima terpaan angin keras dan hujan deras. “Kami berani taruhan, tiang dan perniknya tidak akan mampu bertahan lebih dari dua tahun. Selain itu di CJSK yang panjangnya 562 meter akan tergenang air/banjir pada musim penghujan, ”tambahnya.


Bahkan banyak pihak yang menanyakan besaran anggaran untuk CJSK yang mencapai Rp 14 miliar lebih. mengingat volume bangunan relatif kecil dan bukan termasuk bangunan bertingkat. Diperkirakan biaya pembangunan hanya sekitar Rp 7 – 8 miliar saja.(Grace)

KOMENTAR

0 Komentar

0 Komentar