Citywalk Jalan Sunan Kudus Tiang Listrik Miring, Besi Disulap Tembaga Dan Angkringan Lenyap

Tirtanews.id, KUDUS - Proyek “tiruan Malioboro”- Citywalk Jalan Sunan Kudus (CJSK) sampai dengan Sabtu (5/12/2020) diduga masih tetap saja bermasalah. Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus yang paling bertanggung jawab terhadap proyek senilai Rp 14 miliar lebih ini beberapa kali dihubungi secara langsung hingga melalui surat tertulis tidak/belum pernah direspon. Direncanakan pada Kamis (10/12/2020) sejumlah elemen masyarakat berunjukrasa.


Dari pengamatan Tirtanews, di depan gedung/kantor Lembaga Pemasyarakatan (LP) terlihat onggokan bahan jadi siap pasang untuk tiang lampu dan asesorisnya, serta “kotak” besi untuk tanaman hias.

Khusus untuk tiang lampu dan asesorisnya setelah diamati berbahan besi yang kemudian dicat menyerupai warna tembaga. Belum/tidak diketahui secara pasti dalam rencana anggaran belanja (RAB) bahan yang dipergunakan besi atau tembaga.

Diduga menggunakan besi yang dicat - bukan tembaga asli (Foto Grace)

Namun berdasarkan data : besi simbol unsurnya Fe dengan nomor atom 26.Sedang tembaga Cu dengan nomor atom 29. Fe dapat bereaksi dengan asam larutan encer, sedang Cu tidak, Cu maunya bereaksi dengan larutan asam pekat. Fe lebih mudah berkarat karena sifat reduktornya lebih kuat (lebih mudah teroksidasi). Untuk daya hantar listrik maupun panas, Cu masih lebih bagus dibanding Fe. Cu termasuk logam mulia disamping Pt, Au dan Ag, sehingga harga Cu lebih mahal dibanding Fe.

Selain itu dalam “buku” Pembangunan Citywalk Jalan Sunan Kudus 2020, desain tiang lampunya di bagian atas berbentuk daun dan pikulan soto Kudus. Sebagai representatif dari khas Kota Kudus yang dikenal sebagai Kota Kretek dan ikon kulinernya soto kudus.

Rekayasa komputer angkringan soto kudus


Rekayasa komputer lampu jalan sunan kudus 

Kenyataannya setelah diamati lewat pandangan mata dan diperjelas dengan foto kamera lensa tele, terlihat pikulan/angkringan soto kudusnya tidak ada. Apakah belum dipasang atau memang sengaja tidak diadakan/dilenyapkan. (lihat foto).

Angkringannya belum tidak terpasang pada tiang lampu jalan sunan kudus (foto Grace)

Lampu jalur jalan kaki Jalan Sunan Kudus (foto Grace)

Tirtanews juga melihat salah satu tiang listrik yang berada di proyek CJSK. Tepatnya di depan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA, kondisinya miring. Terlihat di bagian tengah dan atas/puncak. Apakah hal ini diakibatkan adanya galian tanah di proyek CJSK atau memang sudah lama terjadi. Jika hal itu tidak segera ditangani dikhawatirkan pada suatu saat roboh.(Grace)

Miring tiang listrik dekat ATM BCA Jalan Sunan Kudus (Foto Grace)

KOMENTAR

0 Komentar

0 Komentar