Hanya Mimpi Terbitnya Kembali “Matahari” Kudus, Muncul Isu Mulai Dibangun Awal 2021

Deretan toko lantai dasar Matahari sisi utara (foto Grace)

Tirtanews.id, KUDUS - Menjelang total tenggelamnya “Matahari” Kudus, per Minggu 13/12/2020, mengisyaratkan bekas pusat perbelanjaan modern di Kota Kretek ini akan punah. Tetapi isunya awal 2021 mau dibangun ulang


“Semula kami berharap Pemkab Kudus atau bersedia merenovasi-bukan membangun ulang, tapi setelah hari ini tahu jika komplek perbelanjaan Kudus Plaza - atau lebih dikenal komplek Matahari akan dilelang. Maka “habis” sudah. Hanya sekedar mimpi,” ujar seorang pria yang ditemani sang isteri dan termasuk salah satu “penghuni” kios di lantai dasar saat berbincang dengan Tirtanews Kamis (3/12/2020).

Deretan toko-kios lantai bawah matahari sisi selatan (Foto Grace)

Tadinya setelah menerima surat edaran dari Sekda Kudus, Samani Intakoris yang isinya paling lambat Minggu 13/12/2020 seluruh kios/toko harus dikosongkan, muncul isu Matahari akan dibangun lagi pada awal 2021. Dengan catatan pedagang siap siap menyediakan dana Rp 500 juta – 1 Miliar rupiah agar bisa menempati/ berjualan lagi. 


“Tapi ternyata itu hanya isu. Kenyataannya untuk membuka usaha seperti saya ini di bidang pakaian jadi dan perlengkapannya akan kalah bersaing. Terutama di depan ini sudah ada pusat perbelanjaan modern. Belum lagi saingan lainnya seperti Ada, Ramayana (skala besar) dan toko-pasar lainnya. Inilah resiko. Coba jika tidak terbakar. Mungkin akan berbeda nasibnya. Belum terpikir setelah tanggal 13 Desember ini mau kerja apa lagi,” tambahnya.

Selain dia, salah satu diantara penjual jasa parkir yang saat ini “beroperasi” di bawah atap beton selatan bekas pintu masuk Matahari juga termakan isu tersebut. “Beberapa hari lalu saya didatangi sesorang yang mengaku investor. Saya memang sempat meminta tolong agar saya tidak tergusur,”ujarnya.(Grace)

KOMENTAR

0 Komentar

0 Komentar

BERITA LAINYA