Kudus Mulai Diterpa Hujan Deras Angin Ribut Rahtawu – Semliro Tertutup Longsoran Warung Makan di Colo Sekarat

Tirtanews.id, KUDUS - Akibat hujan deras dengan intensitas tinggi sejak pagi hingga siang hari, maka tebing di Dukuh Krajan Desa Rahtawu RT 06/RW 01 Kecamatan Gebog longsor pada Minggu (6/12/2020) sekitar pukul 14.00. Menyebabkan menutup total akses jalan Rahtawu – Semliro.

Tanah Longsor di Dk Krajan Desa Rahtawu Rt 06 Rw 01 Kec. Gebog - (foto BPBD Kudus)

Menurut data yang diterim Tirtanews lewat WA yang bersumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Minggu malam pukul 20.30 WIB, di lokasi longsoran telah dikerahkan tenaga untuk menyingkirkan onggokan tanah, lumpur dan batu batuan.


Tenaga tersebut berasal dari warga setempat, anggota TNI-Polri, BPBD dan para relawan. Tidak ada korban jiwa, namun belum dilaporkan apakah jalur tersebut sudah normal kembali.


Tirtanews yang berada di seputar Desa Colo dan Desa Japan, pada sekitar pukul 15.00, kondisinya masih hujan deras disertai angin kencang. Begitu pula saat “turun” menuju Kota Kudus, hingga berita ini dibuat masih dalam kondisi hujan.


Menurut Mbak Sofi, pemilik warung makan Moro Miri Desa Japan, kondisi anginya kencang dan hujan deras sudah terjadi sejak tiga hari terakhir. Sebagian bangunan rusak ringan. “Semua warung di Japan dan Colo saat mengalami nasib sama, yaitu penurunan omzet yang cukup tajam. Nyaris tidak ada pembeli.

Mbk sofi pemilik warung makan Moro Miri (foto grace)

Suasananya nyaris tintrim, karena angin kencangnya sangat terasa. Pohon, ranting, daun, hingga buah jeruk pamelo yang ada di komplek warung ini bergoyang goyang cukup keras. Hawanya dingin sekali,” ujarnya.

Angin kencang di warung moro miri desa japan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sejak awal November sudah memberikan penjelasan warga lewat kepada media, tentang akan terjadinya cuaca ekstrim pada Desember- awal Januari, Selain itu Dinas PUPR Kabupaten/Kota sudah diinstruksikan untuk antisipasi di saluran air dan saluran irigasi.(Grace)

KOMENTAR

0 Komentar

0 Komentar