Meski Tertutup Seng, Eks Stasiun Wergu Jadi Tempat Berfoto Selfi

Eks Stasiun wergu tertutup seng

Tirtanews.id, KUDUS - Stasiun Kudus (KS) populer dengan sebutan Stasiun Wergu merupakan Stasiun kereta api non aktif yang terletak di Wergu Wetan Kota Kudus. Jalur kereta api, meliputi  Jurnatan-Juwana dan Kudus-Mayong kemudian Demak-Kudus selesai pada tanggal 15 Maret 1884 dan dilanjut menuju Juwana pada tanggal 19 April 1884. Selanjutnya, dibangun jalur cabang menuju Mayong pada tanggal 6 September 1887.


Seiring berkembangnya Kota Kudus, tata letak jalur yang semula melewati tengah kota dan alun-alun dipindah karena mengganggu perjalanan dengan mobil pribadi, kereta kuda, dan angkutan umum yang saat itu sudah mulai bertumbuh pesat. Oleh karena itulah, dibangun stasiun baru di Wergu, yang sekarang ini masih ada. Stasiun Wergu dibuka pada tahun 1919. Jalur lama dicabut sendiri oleh SJS dan menyisakan jalur menuju Alun-alun yang tak lama kemudian juga dicabut.

Kondisi dalam stasiun

Jalur dan stasiun ini terus beroperasi hingga tahun 1986. Bangunan stasiun Wergu pernah dijadikan sebagai pasar sejak 1993. Untuk menandai bekas stasiun, pasar ini dikenal sebagai Pasar Stasiun Wergu. Tapi Sejak 2017, semua pedagang yang berjualan di stasiun ini telah dipindahkan ke pasar baru.

Beberapa pelajar sedang berfoto Selfi selfi


Meski ditutup seng dari luar dan kelihatan sepi, Stasiun wergu ternyata masih banyak yang berkunjung untuk berfoto foto atau Selfi Selfi. Kebetulan Minggu lalu Jumat 18/20 tim Tirtanews melihat kedalam eks Stasiun wergu, kami melihat anak pelajar yang masih berbaju seragam berselfi Selfi. Saat ditanya kenapa kok foto foto di sini mereka menjawab "lagi pengen aja, foto di tempat tempat jadul". (Wikipedia/Jek)

BERITA LAINYA