Messi - Ronaldo Samai Rekor Pele

Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi (Foto: Give Me Sport)

Tirtanews.id - Dua pesepak bola terbaik dunia saat ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, menyejajarkan diri dengan legenda sepak bola Brasil, Edson Nascimento alias Pele (80).

Messi dan Ronaldo menyamai rekor gol Pele setelah mencetak gol di liga Spanyol dan Italia, Minggu (20/12/2020) dini hari WIB.

Messi mencetak satu gol ke gawang Valencia pada pekan ke-13 Liga Spanyol di Stadion Camp Nou. Meskipun Barca ditahan imbang ”LosChe” 2-2, Messi tetap terseyum karena gol itu membawanya menyamai rekor gol terbanyak untuk satu klub milik Pele. Gol sundulan pada menit 45+4 itu menjadi gol ke-643 pemain berjuluk ”Si Kutu” itu.

Jumlah gol itu lebih dulu dicapai ”O Rei”, Sang Raja, selama Pele membela klub Brasil, Santos, pada 1957-1974. Catatan istimewa Messi diraihnya dalam 746 laga pada 2004-2020 bersama ”Blaugrana”.

Messi menyamai rekor Pele dalam 17 musim, sedangkan Pele meraihnya dalam 18 musim bersama Santos. Rekor gol terbanyak untuk satu klub itu bertahan 46 tahun.

Messi berpeluang melewati rekor Pele di dua laga terakhir Barca tahun ini. Blaugrana masih akan menghadapi Real Valladolid, Rabu (23/12), dan Eibar pada Rabu (30/12).

Setelah mengetahui rekornya disamai Messi, Pele pun memberi selamat kepada kapten timnas Argentina itu. ”Selamat atas karier indahmu di Barcelona. Cerita seperti kita, mencintai klub yang sama dalam waktu lama, sayangnya semakin jarang di dunia sepak bola. Saya amat mengagumimu @lionelmessi, ”tulis Pele dalam takarir unggahan foto selebrasi gol Messi dan dirinya di akun instagram pribadinya, Minggu (20/12).

Dari total gol itu, mayoritas atau 450 gol dicetak Messi di Liga Spanyol. Gol lainnya di cetak di Liga Champions (118 gol), Piala Raja Spanyol (53), Piala Super Spanyol (14), Piala Dunia Antarklub (5), dan Piala Super Eropa (3).

Pelatih Barca Ronald Koeman turut memuji kapten timnya itu. Koeman bangga menjadi saksi hidup dalam laga bersejarah bagi Messi. ”Perjalanan karier Messi sangat impresif. Rekor itu adalah capaian yang luar biasa, ”ucap Koeman dilansir Marca.

Seperti tak mau kalah dari Messi, Ronaldo menyumbangkan dua gol dalam kemenangan Juventus atas Parma, 4-0, di Stadion Ennio Tardini.

Dengan hasil itu, Ronaldo telah mencetak 758 gol dalam karier profesionalnya. Menurut Corriere delloSport, Ronaldo telah melampaui total gol Pele yang berjumlah 757 gol.

Jumlah itu merupakan total gol yang dicetak Pele dalam laga resmi bersama Santos, New York Cosmos, dan timnas Brasil. Adapun menurut data FIFA, Pele mencetak 767 gol selama karier profesionalnya sejak 1956 hingga 1977.

Namun, Corriere dello Sport menyebut, 10 gol Pele diciptakan bersama Santos pada kompetisi tingkat regional wilayah Sao Paulo, bukan Liga Brasil. ”Ronaldo adalah O Rei (Sang Raja). Ronaldo mengalahkan rekor gol Pele di pertandingan resmi. CR758, ”tulis halaman muka Corriere delloSport edisi Minggu (20/12).

Jumlah gol Ronaldo itu diciptakan bersama Sporting Lisbon (5 gol), ManchesterUnited (118), Real Madrid (450), Juventus (81), timnas Portugal (102), dan timnas U-23 Portugal (2).

”Penampilan melawan Parma adalah wujud kemarahan Ronaldo setelah gagal mencetak penalti menghadapi Atalanta, Rabu. Ia menunjukkan mencetak gol adalah kegemarannya, ”kata Pelatih Juve Andrea Pirlo.(sumber Kompas/Grace)

BERITA LAINYA