Pemkab Kudus Sabet Penghargaan Innovative Government Award 2020


Tirtanews.id, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kembali menyabet penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia. Kali ini, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 untuk kategori Kabupaten Sangat Inovatif kepada Pemkab Kudus. Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Kudus Dr. Hartopo berkesempatan menerima penghargaan tersebut di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (18/12) sore.


Atas capaian tersebut, Plt. Bupati mengaku bersyukur. Pihaknya pun mengapresiasi seluruh elemen yang telah menyokong sehingga Kudus dinilai Pemerintah Pusat sebagai Pemkab sangat inovatif. Lebih lanjut, capaian itu harus dijadikan sebagai momentum menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


“Alhamdulillah. Kudus kembali mendapatkan penghargan dari Pemerintah Pusat. Ini tentu tak lepas dari peran seluruh elemen di Pemkab Kudus. Ayo kita layani masyarakat secara inovatif dan semoga kesejahteraan masyarakat meningkat,” jelasnya.


Selain itu, Plt. Bupati juga meminta seluruh jajarannya agar meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam melayani masyarakat. Apabila inovasi dan kreativitas dijadikan nafas oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Kudus, pelayanan kepada masyarakat akan semakin mudah, cepat, dan terjangkau.

“Tentunya ini akan semakin membantu masyarakat. Betapa tidak, jika inovasi dan kreativitas ini jadi nafas seluruh ASN di Kudus, pelayanan masyarakat di Kudus akan semakin bagus,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Balitbang Kementerian Dalam Negeri Dr. Agus Fathoni mengatakan, penghargaan IGA Tahun 2020 merupakan momentum apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah yang inovatif dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan. Menurutnya, inovasi dari Pemerintah Daerah adalah suatu terobosan yang harus dijalankan. Mengingat, tantangan jaman yang menuntut pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, dan transparan.

“Ini adalah momentum apresiasi kepada Pemda. Inovasi ini juga bisa menjadi terobosan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah. Sudah seharusnya inovasi menjadi visi Pemda dan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat,” ungkapnya.(Red)

BERITA LAINYA