Peringati HKN Hj. Mawar Hartopo Bagi-Bagi Masker dan Kampanye 3M


Tirtanews.id, KUDUS -  Istri Plt Bupati Kudus, Hj. Mawar Hartopo dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-56 di Kabupaten Kudus, dengan cara melakukan Kampanye Nasional 3M serta membagikan masker.

Hj. Mawar Hartopo yang juga sebagai Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus itu saat melakukan kampanye meminta masyarakat agar jangan sampai kendor untuk melakukan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

“Belum tahu kapan Covid-19 ini berakhir. Sehingga masyarakat jangan sampai kendor untuk memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun,” katanya di hadapan para perwakilan TP PKK tingkat desa Se-Kecamatan Gebog, di Aula Kecamatan Gebog, Kamis (12/11/2020).

Melalui HKN yang ke 56, Ia meminta TP PKK Kecamatan dan Desa untuk terus giat mensosialisasikan 3M kepada masyarakat. Mengingat peran PKK sangat strategis yang mampu menjangkau lapisan masyarakat tingkat desa.

“PKK kami minta untuk terus menerus dan tidak bosan-bosannya mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 3M. Terutama bagi tetangga samping kanan kirinya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hj. Mawar berpesan pada masyarakat saat memakai masker harus dilakukan secara benar yakni menutupi hidung sampai bagian bawah dagu dan tidak kendor saat dikenakan.

“Jika masker kain hendaknya yang memiliki tiga lapis. Jangan lupa juga untuk selalu membawa masker cadangan saat bepergian. Terlebih masker kain yang maksimal harus diganti setelah 4 jam pemakaian.” imbaunya.

Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Hj. Mawar Hartopo secara simbolis menyerahkan masker dan face shield ukuran anak-anak hingga dewasa kepada TP PKK Kecamatan. Selanjutnya, masker dan face shield tersebut juga dibagikan TP PKK Desa.

“Ini merupakan bentuk perhatian dan keprihatinan bersama bahwa pandemi belum berakhir, sekaligus upaya menggugah kesadaran bagai siapa saja untuk tetap disiplin melakukan 3M,” imbuhnya.

Usai melakukan kegiatan, Hj. Mawar Hartopo bersama TP PKK mengunjungi Puskesmas Kecamatan Gebog untuk memberikan semangat terhadap para lansia yang akan menjalani swab test.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kudus, dr. Abdul Aziz Achyar, M.Kes menambahkan bahwa pada peringatan HKN Ke-59 di Kabupaten Kudus dilakukan dengan cara Kampanye 3M dan bagi-bagi masker serentak di 132 desa atau kelurahan Se-Kudus.

“Kampanye serentak ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kudus melalui UPT Puskesmas masing-masing kecamatan, rumah sakit, dinas, hingga lembaga pendidikan yang ada di Kudus,” jelasnya.

KAMPANYA 3M; Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus, Hj. Mawar Hartopo secara simbolis membagikan masker dan face shield kepada TP PKK Kecamatan Gebog di Aula Kecamatan Gebog. Kamis (12/11/2020). Kegiatan tersebut merupakan serangkaian Kampanye 3M untuk memperingati HKN yang ke 56. (Red)

BERITA LAINYA