Pesawat Luar Angkasa China Sukses Membawa Batu dan Tanah Dari Bulan

Detik-detik batu dari bulan yang dibawa china tiba di bumi

Tirtanews.id, Pesawat luar angkasa tak berawak milik negeri tirai bambu China, sukses menjalankan misi membawa batu dan tanah dari bulan.

Pesawat tersebut kembali dengan selamat ke Bumi pada Kamis (17/12/2020) pagi waktu setempat. Ini merupakan misi pertama dalam empat dekade untuk mengumpulkan sampel permukaan Bulan.

Menurut AFP yang melansir kantor berita Xinhua, Kamis (17/12) modul kembali dari pesawat antariksa yang dikenal sebagai Chang'e-5 mendarat di wilayah Mongolia Dalam, China Utara. Hal ini disampaikan Badan Luar Angkasa Nasional China.

China ingin mengejar ketertinggalan dengan Amerika Serikat dan Rusia setelah menghabiskan beberapa dekade untuk menyamai pencapaian para pesaingnya. Untuk itu China telah menggelontorkan miliaran dolar ke dalam program luar angkasa yang dijalankan militer.

Pesawat luar angkasa itu yang dinamai menurut mitos dewi Bulan China, mendarat di Bulan pada 1 Desember dan memulai penerbangan kembali dua hari kemudian.

Saat di Bulan, wahana itu mengibarkan bendera China. Para ilmuwan berharap sampel tersebut akan membantu mereka mempelajari tentang asal-usul Bulan, pembentukan, dan aktivitas vulkanik di permukaannya.

Jurnal sains Nature memaparkan, misi pesawat ruang angkasa itu adalah mengumpulkan dua kilogram material di area yang dikenal sebagai Oceanus Procellarum - atau "Ocean of Storms". Ini merupakan dataran lava luas yang belum pernah dijelajahi.

China berharap memiliki stasiun luar angkasa berawak pada tahun 2022 dan akhirnya mengirim manusia ke Bulan.(AFP/Xinhua/Detiknew/Grace)

KOMENTAR

0 Komentar

0 Komentar

BERITA LAINYA