Plt. Bupati Kudus : Media Berperan Sampaikan Pesan Optimisme


Tirtanews.id, KUDUS - Di masa pandemi, media berperan penting dalam menyampaikan pesan optimisme kepada masyarakat. Tak hanya itu, media juga punya andil menyukseskan program 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) yang didengungkan Satgas Covid-19 Pusat. Hal tersebut disampaikan tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Kudus Dr. Hartopo saat penyerahan penghargaan Lomba Jurnalistik Wartawan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) di Pendapa Kabupaten Kudus, Kamis (17/12).


"Lomba ini sangat kami apresiasi karena dampaknya yang positif bagi masyarakat di era pandemi. Melalui karya jurnalistik, teman-teman media dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Utamanya, program 3M dapat diterapkan dengan disiplin," paparnya.


Plt. Bupati menambahkan, hingga saat ini, kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19 masih rendah. Masih didapati masyarakat yang memakai masker hanya untuk menghindari operasi yustisi protokol kesehatan. Bukan untuk kesehatan dan keselamatan masing-masing. Oleh sebab itu, Plt. Bupati  meminta media menggalakkan pesan penerapan protokol kesehatan agar persebaran Covid-19 menurun.


"Masyarakat masih belum sadar bahwa penyebaran Covid-19 dapat terjadi ketika ngobrol saat makan tanpa pembatas. Kami meminta media tak henti-hentinya memberikan pengertian kepada masyarakat agar tertib protokol kesehatan. Memang agak sulit sedikit, tapi kan untuk kesehatan bersama," ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Plt. Bupati membuka dialog bersama para wartawan. Ditanya terkait bagaimana upaya pemerintah Kabupaten Kudus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan, Dr. Hartopo menyampaikan pihaknya selalu melakukan sosialisasi hingga tingkat desa. Pihaknya juga berencana akan mengantisipasi keramaian tempat wisata saat liburan akhir tahun guna mengantisipasi adanya klaster baru.

"Kami selalu melaksanakan sosialisasi di mana-mana termasuk di perusahaan. Kami juga akan mengantisipasi keramaian di tempat wisata saat libur tahun baru. Nanti akan kami rapatkan dengan jajaran," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kudus Kholid mengatakan, tema yang diambil adalah “Bangkit dari Pandemi Covid-19 Menuju Masyarakat Kudus Produktif”. Peserta yang ikut terdiri dari enam wartawan media online, lima wartawan media cetak, sembilan wartawan televisi, dan delapan wartawan foto. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta, ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kudus dan seluruh pihak yang telah terlibat.

“Terima kasih kepada semua yang telah mensukseskan lomba ini. Mari tetap jalankan protokol kesehatan dimanapun berada,” pesannya. (Red)

KOMENTAR

0 Komentar

0 Komentar

BERITA LAINYA