SD 3 Jati Kulon Membangun Pagar Dengan Dana BOS - Melanggar Kebijakan Mendikbud

Proses pembangunan pagar SD 3 Jati Kulon Jati Kudus (Foto Grace)

Tirtanews.id, KUDUS - Sekolah Dasar (SD) 3 Jati Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus nekat membangun pagar sekolah dengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2020. Meski hal itu melanggar kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

SD 3 Jati Kulon Jati Kudus (Foto Grace)

Sampai dengan Jumat petang (11/12/2020) proses pembangunan pagar masih terus berlangsung. Terutama di sisi kiri dari gapura sekolahan. Sedang di sisi kanan gapura sudah selesai dikerjakan. Kepala SD 3 Jati Kulon Rumaji maupun guru yang lain tidak bersedia untuk menjelaskan tentang pembangunan pagar sekolahan tersebut.

Pagar bangunan SD 3 Jati Kulon tengah proses penyelesaian (Foto Grace)

Selain melanggar kebijakan Mendikbud, pembangunan itu tidak serasi dengan gapura - tidak garis lurus. Gapuranya lebih ke dalam dengan jarak sekitar 30 – 40 centimeter.

Pasca 100 hari kerja, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan terkait dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

Dana BOS ini jadi kebijakan ke-3 dari konsep Merdeka Belajar yang sudah diluncurkannya pada akhir 2019 yang lalu. Kali ini, kebijakan dana BOS disampaikan saat mengikuti konferensi bersama 

"Sinergi Pengelolaan Dana BOS dan Dana Desa Berbasis Kinerja" pada Senin (10/2/2020) di Gedung Kemenkeu, Jakarta. Hadir dalam kegiatan itu yakni Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Sinergitas ketiga kementerian tersebut untuk melakukan perubahan pada mekanisme penyaluran dan penggunaan dana BOS. Bahkan dalam penggunaan dana BOS, ada hal-hal yang dilarang maupun diperbolehkan.

Hal ini juga mengacu pada Permendikbud No 8 Tahun 2020 tentang petunjuk teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Tercatat ada 16 Larangan Penggunaan Dana BOS dan ada 14 hal yang diperbolehkan menggunakan dana BOS.

Dari 16 larangan tersebut di nonor urut 9 tertulis digunakan untuk rehab sedang/berat dan ke-10 membangun gedung baru.(Grace)

BERITA LAINYA