Sentra Jeruk Pamelo KM Desa Japan Kudus Punya 11.500 Pohon Produktif. Satu Pohon 30-40 Buah Per Musim Panen Raub Rp 3-5 miliar

Jeruk Pamelo KM Desa Japan Dawe Kudus

Tirtanews.id, KUDUS - Penghasil jeruk pamelo kawasan muria (KM) Desa Japan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus memiliki 11.500 pohon produktif dan belum produktif sekitar 3.500 pohon. Setiap pohon rata rata menghasilkan 30 – 40 butir. Pada tahun 2011 sekali panen menghasilkan uang Rp 3 miliar-Rp 5 miliar.

Desa Japan terletak sekitar 18 kilometer utara pusat pemerintahan Kabupaten Kudus. Berdampingan dengan Desa Colo dan berdekatan dengan perbatasan wilayah Kecamatan Dawe dengan Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Bisa ditempuh lewat jalur Kudus-Colo – Japan. Atau Kudus-Jekulo – Tergo- Japan.

Jeruk pamelo KM Desa Japan Dawe Kudus masih dalam posisi di pohon

Dengan hasil yang lumayan besar tersebut menurut Kepala Desa Japan, Sigit Triharso yang dihubungi Tirtanews, Kamis malam (10/12/2020) pihaknya akan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Termasuk nantinya untuk mengelola agrowisata, kopi dan unit usaha lainnya yang dimiliki warga kami ”tuturnya.

Plt Bupati Kudus Hartopo panen jeruk pamelo KM di desa Japan Dawe

Ia menambahkan setiap pohon jeruk dengan katagori produktif setahun bisa dua kali panen. Setiap pohon menghasilkan sekitar 2,5 kuintal dengan harga rata rata Rp 15.000 per kilogram. Atau Rp 3.750.000,-/ panen

Jeruk pamelo KM dalam kondisi telah dipetik (foto Grace)

Menurut Tarom (pensiunan Petugas Penyuluh Lapangan /PPL Dinas Pertanian Kabupaten Kudus wilayah Kecamatan Dawe) di Indonesia banyak dijumpai aneka jenis tanaman jeruk. Maka sejak tahun 2000 dalam arena kontes buah nasional (Indonesia) di Malang, disepakati jeruk besar diberi nama jeruk pamelo (aslinya pemelo) dan nama asal (semacam hak paten) disesuaikan dengan nama kabupate/kota. “ Jeruk pamelo Kudus berlabel Kawasan Muria (KM), Pontianak diberi nama Borneo. Magetan dan Madiun juga punya nama sendiri ”tuturnya.

Adapun ciri-ciri khusus jeruk pamelo KM, warna kulit hijau cerah,. Bentuk bulat. Warna buah merah dengan rasa manis-segar dan warna buah merah. Harga per buah kelas A dengan berat di atas 2,5 kilogram Rp 15.000- Rp 25.000. Kelas B (1,5-1,8 kilogram) Rp 10.000- Rp 15.000 dan Kelas C (1,2 kilogram lebih) Rp 6.000.- Rp 7.000,-.

Daging buah warna merah, salah satu ciri khas jeruk pamelo KM Desa Japan Dawe Kudus (foto Grace)

Sebagian besar hasil produksi/panen jeruk pamelo KM dipasarkan di berbagai kota besar di Jawa, Selain itu melalui pameran dan seminar yang digelar secara berkala di Suropadan Magelang. (Grace)

BERITA LAINYA