Tugu Identitas Milik Pemkab Kudus Juru Tamannya Yang Bayar KEM

Kholiq, juru taman tugu Identitas Kudus (foto Grace)

Tirtanews.id, KUDUS - Kholiq baru sekitar setahun bekerja sebagai juru taman komplek Tugu Identitas Kudus (TIK) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus dan pengelolaanya Dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) setempat. Namun yang membayar bukan Disbudpar, melainkan Kudus Extension Mall (KEM) - perusahaan swasta.

“Saya memang tercatat sebagai karyawan tidak tetap KEM. Saya digaji Rp 1.200.000,- per bulan. Tanpa ada tambahan lainnya” ujarnya saat ditemui Tirtanews ketika memotong rumput di bagian bawah TIK, Rabu siang (2/12/2020). Ia mengenakan kaos panjang, bertopi, bercelana panjang jeans yang bagian bawah digulung dan “bersenjatakan” satu gunting rumput.

Kholiq bersama seorang temannya menjadi juru taman TIK, setiap hari bertugas membersihkan sampah, menyirami, hingga merawat seluruh tumbuhan, rumput dan bunga yang ada di komplek ini. “Seharusnya tenaganya perlu ditambah, karena jika hanya kami berdua tidak mampu menangani secara keseluruhan. Lagi pula honor yang kami terima tidak/belum sesuai (lebih sedikit) dengan upah minimum kabupaten. “ujar bapak satu anak ini.

Agar bisa mencukupi kebutuhan rumah tangganya, ia juga sering cari obyekan di luar jam kerja. Beruntung isterinya juga bekerja di salah pabrik rokok besar di Kudus. “Maunya sih cari pekerjaan dengan honor yang paling tidak sesuai upah minimum kabupaten, tetapi cukup sulit. Apalagi dalam situasi Covid-19 ini” tambahnya.

Sedang TIK itu sendiri menurut Kholiq sudah beberapa hari tutup (tidak menerima pengunjung). Dengan alasan di samping kanan pintu depan tengah mulai dibangun kamar mandi/WC Disbudpar. “Namun sehari harinya juga sepi pengunjung.” ujarnya.(Grace)

KOMENTAR

0 Komentar

0 Komentar

BERITA LAINYA