Wartawan Ingin Ketemu Plt Kepala Dinas PUPR Kudus Harus Mengajukan Surat Tertulis

Ilustrasi wartawan

Tirtanews.id, KUDUS - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Arief Budi Siswanto mengharuskan wartawan Tirtanews mengajukan surat tertulis jika ingin bertemu dengannya.

Hal itu disampaikan Bib Muh, warga Demaan Kudus yang diberi kewenangan sebagai perantara khusus untuk mempertemukan wartawan dengan Plt Arief Budi Siswanto. “Pesannya begitu kepada saya,” ujarnya via telepon. Bib Muh tidak tercatat sebagai pegawai Dinas PUPR Kudus, atau sebagai apartur sipil negara (ASN) - lebih dikenal dengan pegawai negeri (sipil/PNS)

Secara kelembagaan Tirtanews sudah melayangkan surat dengan tujuan untuk bertemu dengan Plt Arief Budi Siswanto, menyangkut pembangunan citywalk Jalan Sunan Kudus. Surat diantar langsung staf redaksi ke kantor Dinas PUPR di Jalan Jendral Sudirman Kudus.

Beberapa hari kemudian dicek via telepon dan surat memang sudah diterima Arief. Namun tidak kunjung ada jawaban - sampai berita ini dibuat per Jumat malam (18/12/2020).

Berdasarkan informasi untuk menemui Arief harus melalui Bib Muh. Tirtanews pun menghubungi Bib Muh, dengan menunjukkan identitas yang lengkap serta maksud tujuannya wawancara tentang proyek citywalk yang diduga banyak terjadi penyimpangan.

“Saya sebenarnya ditunjuk sebagai “keamanan” proyek citywalk. Untuk urusan wartawan sebenarnya saya tidak berwenang.” tambah Bib Muh, yang juga tidak memberikan informasi lanjutan tentang hal tersebut.

Oktober 2020, Arief ternyata juga “bermasalah” dengan media online Radar Nusantara serta LSM KPMP Kudus. Alangkah eloknya ketika seorang Plt Kepala Dinas PUPR memberikan contoh yang bijak tentang hubungannya dengan media.

Jika memang ada dasar undang undang atau peraturan yang mengharuskan seorang wartawan untuk bertemu dengan Plt Kepala Dinas PUPR Kudus terlebih dahulu mengirim surat - silahkan ditunjukkan. Arief nampaknya mentrapkan pola “tebang pilih” untuk bertemu dengan media/LSM.(Grace)

KOMENTAR

0 Komentar

0 Komentar

BERITA LAINYA