Yang “Aneh Aneh” di DAK Pendidikan Kabupaten Kudus 2020 Gedung Perpustakaan Masih Layak Pakai, Tapi Bangun Baru. Lokasinya di Belakang Kamar Mandi/WC

Gedung perpustakaan lama SD 4 Gondangmanis Bae Kudus

Tirtanews.id, KUDUS - Kali ini Tirtanews menyambangi Sekolah Dasar (SD) 4 Gondangmanis. Terletak di samping lapangan bola, beberapa meter dari Balai-Kantor Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kudus. Berdampingan dengan SD 1 Gondangmanis.

SD 4 Gondangmanis ini dalam tahun anggaran 2020, memperoleh proyek pembangunan berupa pembangunan gedung/ruang perpustakaan senilai Rp 175 juta. Mebel ruang perpustakaan Rp 25 juta. Pengadaan peralatan seni budaya Rp 24 juta dan pengadaan media pendidikan Rp 65 juta.

SD 4 Gondangmanis Bae Kudus (Foto Grace)

Jumat lalu (27/11/2020) Tirtanews baru sempat melihat langsung gedung/ruang perpustakaan baru yang diantar salah satu guru perempuan berkacamata. Bangunan ini ukurannya sekitar 8 x 7 meter. Dikerjakan secara swakelola.

Bangunan gedung baru perpustakaan SD 4 Gondangmanis Bae Kudus (foto Grace)

Namun saat melongok ke dalam, belum ada mebel yang dianggarkan Rp 25 juta, dengan alasan baru akan dibeli. Lokasinya di belakang- agak menyamping dari kamar-mandi WC. Di bagian depan bangunan masih berupa tanah.

Lalu beberapa meter di depan bangunan perpustakaan baru- masih tegak berdiri bangunan perpustakaan lama. Di dalamnya masih ada rak rak buku. Tidak terlihat adanya kerusakan ringan/sedang/berat. “Hanya sedikit kurang luas saja. Ini untuk antisipasi jika banyak siswa yang belajar/membaca di perpustakaan,” ujar “bu guru” ini sambil memperlihatkan tumpukan buku yang acak acakan dan nampaknya tidak pernah disambangi para siswa.

Jika mau berhemat dalam hal biaya, sebenarnya masih cukup leluasa untuk membenahi gedung perpustakaan lama. Atau cukup dengan rehabilitasi ringan- sampai sedang saja.(Grace)

BERITA LAINYA