Aparat Dishub, Disbudpar Kudus Paksa Peziarah Colo Pulang Balik Ini Melanggar Kesepakatan

Bus atau minibus putar balik dan keluar dari pintu masuk - sumber rekaman video 

Tirtanews.id, KUDUS - Aparat Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, yang disertai petugas Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbupar) sejak pagi hingga sore hari (Rabu,27/1/2021) berpatroli di pintu masuk komplek wisata dan masjid makam Sunan Muria.

Mobil dinas - sumber rekaman video

Video yang dibuat salah satu warga memperlihatkan, aparat dengan mengendarai mobil dinas, berpatroli di pintu masuk dari arah Dawe/Kudus dan dari arah Pati. Begitu mengetahui ada bus atau minibus peziarah, setibanya di seberang pintu masuk, langsung diminta putar balik - kembali ke asal peziarah.

Terlihat Bus atau minibus sedang berusaha putar balik - sumber rekaman video 

Hal tersebut bertolak belakang dengan hasil koordinasi antara Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus, Hartopo dengan Kepala Desa/Pemerintahan Desa/Pemdes, pengurus yayasan makam sunan Muria, ojek muria dan pedagang kaki lima (PKL) pada Senin (25/1/2021).

Menurut Kepala Desa Colo, MC Destari Andryasmoro, yang dihubungi Tirtanews, Rabu malam (27/1/2021), dalam koordinasi dengan Plt Bupati dinyatakan : di PPKM jilid 2 ini kita wajib meningkatkan disiplin protokol kesehatan (prokes) khususnya di kawasan colo dan makam sunan Muria.

Untuk peziarah di utamakan warga lokal Kudus. Tetapi apabila ada pengunjung bus yang sudah terlanjur masuk di kawasan Colo tetap kita perbolehkan untuk parkir bus di kawasan terminal... supaya PKL dan ojek muria masih bisa mencari nafkah.. tentu nya wajib prokes.

” Warga Colo sudah protes ke saya dalam dua hari ini. Mereka juga mengeluh kenapa seperti ini: Khusus nya pedagang dan ojek Dan sudah saya sampaikan ke kepala dinas pariwisata. Mereka cuma menjawab kalau akan di koordinasikan. ” tuturnya.

Berikut sambutan pengarahan Plt Bupati Kudus Hartopo di pendopo kabupaten setempat, Senin (25/1/2021)

Assalamualaikum wr wb ..

Di mohon selama PPKM ke 2 akan di lanjutkan tgl 26 Januari 2021 sampai tanggal 8 February 2021 khusus warga colo di himbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan mentaati peraturan pemerintah.

Untuk kawasan makam sunan Muria masih buka untuk pengunjung lokal di prioritaskan.. demi kelancaran perekonomian warga colo.. tetapi selalu dalam pantauan.. untuk pengunjung luar kota di beritahukan untuk tidak ke colo dulu demi keamanan bersama.. tetapi apabila sudah terlanjur masuk di kawasan colo tetap diperbolehkan untuk ziarah ke makam sunan Muria dengan taat protokol kesehatan.. dan dimohon selama PPKM berlangsung ini jangan meng upload di sosmed dll... semua kegiatan di kawasan colo muria... demi kenyamanan kita semua... terimakasih (Grace)

BERITA LAINYA