Balai Pertemuan Mlati Norowito Megah Di Luar, Kropos di Dalam

Balai Pertemuan Kelurahan Mlati Norowito Kecamatan Kota Kudus (Foto Grace)

Tirtanews.id, KUDUS - Balai pertemuan Kelurahan Mlati Norowito Kecamatan Kota Kudus nampak megah bila di lihat dari luar. Pintunya pun berukir seperti pintu rumah adat Kudus.

Namun di dalamnya ternyata “bermasalah”. “Atapnya bocor. Usuk, blandar dan kayu penyangga rapuh banyak yang dimakan rayap. Sudah dua tahun tidak ditempati. Khawatir jika tiba-tiba roboh, Usia bangunan juga tergolong tua. Dibangun pada tahun 1988, ”lapor pelaksana tugas (Plt) Lurah Mlati Kidul, Dwi Erwindriastuti kepada Sekretaris Kecamatan Kota Kudus (Sekwilcam), Sancaka Dwi Supani, Senin (18/1/2021).

Atap bagian dalam kondisi rusak berat (Foto Grace)

Sancaka meninjau Balai Pertemuan mewakili Camat Kota Kudus Endah Pramudyawati. Selain itu juga nampak mendampingi, Sekretaris Kelurahan Mlati Norowito, Sholikin.

Menurut Dwi Erwindriastuti, sudah beberapa kali melaporkan kepada Pemkab Kudus, namun sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya.

Sancaka sendiri setelah melihat langsung ke lokasi menyatakan bangunan tersebut memang cukup membahayakan. Seharusnya ada prioritas dari pihak Pemkab. “Kami juga dapat laporan jika Bappeda selalu “mencoret” (tidak menyetujui) atas usulan dari Pemerintah Kelurahan Mlati Norowito, ”ujarnya.

Tirtanews, Senin petang (18/1/2021) juga melihat langsung kondisi Balai Pertemuan, yang terletak di perempatan jalan kampung. Atau beberapa puluh meter arah selatan Pabrik Gula Rendeng. Dengan diantar salah satu perangkat kelurahan.

Ada dua pintu di Balai Pertemuan ini. Satu pintu ukir kondisinya masih cukup bagus. Tapi satu pintu di samping kiri pintu berukir, terbuat dari triplek yang bagian bawahnya compang camping.

Di dalam bangunan di sisi timur berbentuk semacam panggung. Dipenuhi dengan berbagai mebel/perabot kantor. Terlihat pula ada sejumlah piala dan di bagian dindingnya masih terpampang beberapa foto.

Sebagian mebel, piala, masih dibiarkan teronggok di dalam Balai Pertemuan Kelurahan Mlati Norowito Kecamatan Kota Kudus (Foto Grace)

Sedang di lantai ruang pertemuan, berserakan kursi besi. Lalu saat mendongak ke atas, tidak terlihat secuil eternit pun. Sehingga, terlihat blandar, usuk, reng dan “kuda-kuda” bangunan yang semuanya dari kayu. Terlihat di sejumlah titik, gentingnya berlubang.(Grace)

BERITA LAINYA