Kudus Kini Memiliki “Laut Baru”

Berubah menjadi Laut - persawahan di Desa Temulus Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus (foto Grace)

Tirtanews.id, KUDUS - Sebagian wilayah Kabupaten Kudus berubah menjadi “lautan baru”. Terutama di wilayah Kecamtan Undaan, Mejobo, sebagian kecil wilayah Kecamatan Jati, Kaliwungu dan Jekulo Setelah seringkali diguyur hujan lebat.

Berdasarkan pelacakan yang dilakukan Tirtanews sepanjang Senin (11/1/2021) di wilayah Desa Bulungcangkring, Sadang, Jojo, Kesambi, Temulus, Kirig, Payaman, Gulang dan Karangrowo, sebagian besar sawah di wilayah desa tersebut masih tergenang banjir.

Sebagian kecil tanaman padi di Desa Karangrowo Kecamatan Undaan Kudus yang tidak belum terendam banjir (Foto Grace)

Sawah yang luasnya lebih dari 500 hektar tersebut umumnya tengah ditanami padi dan nyaris terendam seluruhnya. Sebagian lagi ditanami tebu dan sebagian kecil belum sempat ditanami.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jojo, Anton membenarkan seluruh sawah di desanya sudah “tenggelam” akibat banjir sejak lebih dari sebulan lalu.

“Hal ini disebabkan Sungai Juwana (JU) I beberapa kali meluap. Lalu aliran air dari sejumlah sungai dan anak sungai dari daerah atas (hulu) selain folumenya meningkat, juga tidak “terbuang” karena Sungai JU I sendiri dalam kondisi “penuh”. Kami belum menghitung, berapa jumlah kerugian yang diderita para petani, ” tuturnya.

Meski seluruh areal sawah di Desa Temulus tergenang banjir, namun aliran sungai yang “membelah” desa ini sempat dibersihkan secara gotong royong yang melibatkan banyak aparat dan warga desa. Sungai yang biasanya penuh sampah terutama sampah batang pisang, pohon dan ranting, kini tampak bersih dari aneka macam kotoran.

Dibersihkan - salah satu sungai yang melintas wilayah Desa Temulus Mejobo Kudus nampak bersih dari berbagai kotoraan sampah (Foto Grace)

Bahkan di sisi kanan alur sungai (dari arah Balai Kantor Desa Temulus) berupa tanggul sungai sebagian besar sudah dirombak menjadi jalan beton.Kondisi ini menjadikan pengguna jalan yang bisa tembus ke perbatasan Dukuh Jongso Desa Wotan Kecamatan Sukolilo – Desa Karangrowo, Payaman dan Gulang

Permukaan sungi, sawah dan jalan di perbatasan Desa Karangrowo Undaan Kudus dengan Desa Wotan Kecamatan Sukolilo Pati nyaris sama tinggal terpaut beberapa puluh centimeter saja. (Foto Grace)

Memasuki desa desa tersebut, bagai memasuki wilayah laut, yang berada di kanan kiri jalan raya desa terbuat dari beton. Sebagian kecil jalan rusak berada di Dukuh Jongso, Karangrowo dan Payaman.

Di persawahan seputar Dukuh Jongso terlihat sejumlah kandang ternak ayam dengan bangunan bertiang tinggi dan lantai dasarnya lebih tinggi dibanding permukaan air sawah pasang. Sehingga hanya sebagian tiang bagian bawah yang terendam. (Grace)

BERITA LAINYA