Peziarah Makam Sunan Kudus Terus Berdatangan

Sebagian peziarah memasuki komplek Masjid Menara Makam Sunan Kudus Jumat 1 Januari 2021 (Foto Grace)

Tirtanews.id, KUDUS - Memasuki Tahun Baru 2021, yang jatuh pada Jumat (1/1/2021) dan merupakan libur nasional, peziarah ke komplek Masjid Menara Makam Sunan Kudus terus berdatangan tanpa henti.

Saat Tirtanews berada di lokasi pada sekitar pukul 16.00, terlihat rombongan demi rombongan memasuki komplek masjid, lalu setelah mencuci tangan di tempat yang disediakan, rombongan menuju makam Sunan Kudus.

Peziarah bermobil warna putih saat berada di depan komplek Masjid Menara - Makam Sunan Kudus Jumat 1 Januari 20 2021 (Foto Grace)

Para peziarah setelah dari makam, tidak perlu “balik kanan” untuk pulang meninggalkan tempat lewat jalan awal, melainkan ada jalan ke luar khusus yang telah dioperasikan pihak Yayasan Masjid Menara Makam Sunan Kudus sejak beberapa bulan lalu.


Kedatangan peziarah yang bergelombang ini menjadikan para pedagang kaki lima (PKL), jasa toilet, pengojek, menarik nafas lega. Meski dibanding sebelum Covid-19, jumlahnya merosot jauh, “ Nasi pindang saya nyaris ludhes hari ini. Termasuk lauk pauk, makanan kecil dan buah pisang,” ujar seorang ibu sepuh penjual nasi pindang yang berada selatan Taman Menara.

Ketiban rejeki - penjual bakso yang mangkal di seberang depan komplek Masjid Menara Makam Sunan Kudus Jumat 1 Januari 2021 (Foto Grace)

Sebagian besar peziarah masih dari Kabupaten Kudus dan sebagian kecil dari kabupaten/kota. provinsi tetangga. Mereka umumnya datang secara rombongan dengan menggunakan mini bus, bus antar kota -antar provinsi dan mobil - motor pribadi.(Grace)

KOMENTAR

0 Komentar

0 Komentar

BERITA LAINYA