Sumur Jolotundo Sunan Kalijaga Dipercaya Menyembuhkan Aneka Penyakit

Sumur keramat Sunan Kalijaga Demak (Foto Grace)

Tirtanews.id, DEMAK - Salah satu dari lima benda keramat Sunan Kalijaga adalah Sumur Jolotundo. Sebuah sumur dengan kedalaman kurang dari dua meter. Terletak hanya beberapa puluh meter dari komplek makam Kadilangu di Kota Demak.

Tepatnya di belakang komplek rumah keluarga sesepuh Kadilangu HR Muhamad Cahyo Iman Santoso dan R Kristiawan Saputra.

Kamis sore, 14/1/2021, Tirtanews, melihat langsung sumur tersebut yang telah “dikilung” /tembok keliling dan telah “disrumbung” (beton). Kondisinya airnya cukup jernih. Saat diminum airnya tidak asin (air tawar).

Tembok keliling sumur keramat Sunan Kalijaga Kadilangu demak (Foto Grace)

Terlihat ada dua “timba (timbo)” buah yang masing-masing disertai seutas tali plastik untuk “menimba -nimbo” air. Air sumur ini bisa untuk mandi atau sekedar untuk cuci muka. Khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Saat Tirtanews ke lokasi berpapasan dengan dua lelaki yang baru saja meninggalkan sumur tersebut.

Sedang di sudut belakang sebelah kanan terpampang sebuah papan nama yang antara tertulis : Sumur Keramat Jolotundo Situs Peninggalan Kanjang Sunan Kalijaga. Di pojok kanan atas terlihat logo dengan tulisan Paguyuban Sunan Kalijogo.

Papan nama sumur keramat Jolotundo Kanjeng Sunan Kalijogo (Foto Grace)

Tidak diketahui secara pasti kapan sumur keramat tersebut dibangun/ditemukan. Menurut ceritera rakyat, sumur ini juga dijuluki sebagai Zamzam Demak. Merupakan bekas Sunan Kalijaga meninggalkan jala /jaring ketika mencari sumber air untuk wudu para wali.

Sunan Kalijaga lahir pada tahun 1450 Masehi, dengan nama Raden Mas Said. Putra dari Raden Ahmad Sahuri (Tumenggung Wilwatikta / Adipati Tuban VIII) (bapak) dan Dewi Nawangarum (ibu).

Dikenal sebagai salah satu anggota dewan Wali Songo (sembilan) dengan gelar Kanjeng Sunan Kalijaga, Juga memiliki nama Lokajaya, Syekh Malaya, Susuhunan Tuban dan Raden Abdurrahman.(Grace)

KOMENTAR

0 Komentar

0 Komentar