Tanggul Jebol Dukuh Goleng Mulai “Ditambal”

Lokasi tanggul jebol Sungai Gelis Dukuh Goleng Desa Pasuruhan Lor Jati Kudus, Minggu 3 Januari 2021 (Foto Grace)

Tirtanews.id, KUDUS - Tanggul jebol Sungai Gelis di Dukuh Goleng Desa Pasuruhan Lor Kecamatan Jati Kabupaten Kudus mulai “ditambal”.  Satu alat berat difungsikan untuk mengangkat karung berisi pasir dan batu dari truk. Lalu dimasukkan di sela-sela tiang-tiang pancang dari bambu yang ditata sepanjang tanggul yang jebol.

Alat berat yang dioperasikan untuk menambal tanggul jebol Sungai Gelis Dukuh Goleng Pasuruhan Lor Jati Kudus. minggu 3 Januari 2021 (Foto Grace)

Kemudian di seberang tanggul yang jebol, maupun di seputarnya terlihat puluhan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan relawan bersama sama membantu proses penambalan yang diduga belum bisa tuntas pada Minggu sore (3/12/2020).


“Uniknya” pasokan material diangkut beberapa truk secara bergantian dengan jalan mundur, karena tidak ada tempat untuk memutar mobil (truk). Jarak tumpukan material dan tanggul yang jebol sekitar 150 meter. Dengan kondisi jalan raya masih tergenang setinggi 15- 30 centimeter.

Truk pengangkut matrial yang terpaksa bergerak mundur karena tidak ada tempat untuk berbelok (Foto Grace)

Sedang sejumlah warga secara bergelombang menyaksikan tanggul yang jebol, dengan jalan kaki menyusuri tanggul. Mereka tua muda dan anak anak. Sebagian mengambil foto dan sebagian lagi membawa bekal makanan dan minuman. Bahkan ada yang sempat mau membeli ikan dari penduduk setempat yang kebetulan baru pulang dari menjala ikan.


Sedang jalan menuju Dukuh Goleng untuk sementara diberi “pagar” dari tangga bambu dan dijaga sejumlah orang dengan pakaian seragam hitam-hitam. Lalu di sisi baratnya ada tumpukan material pasir dalam jumlah besar (depo) yang dimanfaatkan banyak warga untuk melihat sawah seputar Dukuh Goleng yang tergenang banjir. Konsentrasi warga juga terlihat di tepi jalan menuju perbatasan Dukuh Goleng dengan Desa Setrokalangan.(Grace)

BERITA LAINYA